Day 40 Prakerin Di Excellent ~ Apa Itu DevOps part 10

HARI KE EMPAT PULUH PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Kali ini, saya akan melanjutkan pembahasan tentang "Apa Itu DevOps" yang sudah lama tidak muncul lagi di judul blog saya. Langsung saja ke blognya.

Hari ini adalah hari Jumat, 13 September. Seperti biasa, saya datang sekitar pukul 07.20. Pagi ini dimulai dengan briefing bersama pembimbing, Mas Ridwan, karena kemarin sudah ada briefing dengan Pak Bos yang sedang mendampingi pelatihan.

Setelah briefing, banyak koreksi yang kami terima dari Mas Ridwan. Beliau berpesan agar dalam pembelajaran, yang diutamakan adalah pemahaman, bukan hanya kecepatan. Terkait dengan kami yang terkadang mengantuk di kantor, Mas Ridwan menyarankan untuk menjaga pola tidur. "Karena kalian di sini saya anggap sebagai staf juga, maka harus bisa seperti staf yang lain." Terima kasih atas sarannya, Mas Ridwan.

Pagi ini, karena tidak ada briefing tambahan, saya langsung mengerjakan modul Duolingo sambil memonitoring PMG, Relayav, dan aktiva. Namun, ketika ingin mengakses Relayav dan aktiva, terjadi error yang tidak saya ketahui penyebabnya. Jadi, kemungkinan hari ini saya hanya bisa memonitoring PMG saja.

Sambil memonitoring email, saya juga mengerjakan modul Duolingo yang hari ini membahas tentang "Orang dan Komunitas." Semakin lama, tugas di Duolingo semakin banyak, sehingga memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya. Setelah menyelesaikan Duolingo, karena akan ada sholat Jumat, saya melanjutkan dengan membaca blog Disway, blog Om Ahmad, dan blog Pak Bos.

Seperti biasa, di hari Jumat selalu ada makan siang bersama di kantor. Setelah sholat Jumat, kami makan bersama, dan menu kali ini adalah "MCD KW" lagi. Hahaha, tahu kan? Ya, ayam Jatinangor! Kali ini, Sheva memimpin doa sebelum makan. Terima kasih, Pak Bos, atas makan siang hari ini.

Setelah makan siang, saya beristirahat sejenak sambil menunggu waktu masuk kembali. Tiba-tiba, saya mendapat pesan dari Mas Tyo.

  • Mas Tyo: "Mas, ini bisa diakses yang Relayav1?"
  • Saya: "Tidak bisa, Mas, dari tadi juga. Saya dan aktiva juga tidak bisa."
  • Mas Tyo: "Oke, bentar."
  • Mas Tyo: "Fan, IP public kamu berapa? Tolong dikirim ya, sama si Sheva juga."
  • Saya: "Cara lihatnya gimana, Mas? Hehe."
  • Mas Tyo: "Coba cek di ifconfig.co."
  • Saya: "Ini ya, Mas (ini IP-nya)."
  • Mas Tyo: "Coba lagi, Fan, yang Relayav1."

Setelah memberikan IP public ke Mas Tyo, akhirnya saya bisa memonitoring Relayav kembali.

Setelah istirahat, karena email tidak terlalu banyak, saya melanjutkan pembelajaran utama, yaitu "Learning Linux Basics Course & Labs." Kali ini, saya melanjutkan ke modul 7, yaitu "Security Files and Permission." Modul ini memiliki 15 poin, yang paling banyak dalam pembelajaran ini.

Di modul ini, saya mempelajari banyak materi, mulai dari Security, File Permission and Ownership, SSH dan SCP, IP Tables, dan juga Cronjob. Namun, hari ini saya baru sampai di IP Tables karena waktu yang terbatas untuk menonton video dan menyelesaikan labnya.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Jujur, minggu ini terasa lebih melelahkan dibanding minggu-minggu sebelumnya, entah karena saya sedang sakit atau memang banyak yang harus dikerjakan di luar kantor. Tapi tidak apa-apa, saya tetap berterima kasih kepada diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, masih kuat, dan tidak tumbang. Terima kasih juga untuk kalian yang sudah membaca sampai akhir. Babaii...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

  1. "Pagi ini, karena tidak ada briefing tambahan, saya langsung mengerjakan modul Duolingo sambil memonitoring PMG, Relayav, dan aktiva. Namun, ketika ingin mengakses Relayav dan aktiva, terjadi error yang tidak saya ketahui penyebabnya. Jadi, kemungkinan hari ini saya hanya bisa memonitoring PMG saja." --> Kedepan, jika ada masalah jangan diam saja, harus info ke supervisor atau pembimbing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Pak Bos waktu itu saya tau eror karena diberi info oleh Mas Tyo dan sudah ditangani beliau

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer