Day 11 Prakerin Di Excellent ~ Melatih Kecepatan Dalam Pembelajaran Part5

HARI KE-SEBELAS PKL

Halo semua, kembali lagi di blog saya. Hari ini adalah hari ke-sebelas saya melaksanakan prakerin di Excellent, dan saya ingin bercerita tentang minggu kemarin. Saya melakukan kesalahan dengan tidak menjabarkan apa saja yang saya pelajari selama prakerin, karena saya terburu-buru dan ada janji dengan seseorang. Benar saja, firasat saya tepat; saya kena koreksi oleh Pak Bos terkait hal yang tidak dijabarkan tersebut, dan saya langsung meminta maaf serta berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Hari ini, seperti biasa, dimulai dengan shalat Subuh dan olahraga. Saya berangkat seperti biasa pada jam 07.30, dan ternyata hari ini tidak terlalu macet, tetapi jalanan sangat becek, mungkin karena hujan semalam. Saya sangat menyesal sudah mencuci motor kemarin, karena hari ini menjadi kotor lagi. Beberapa menit dalam perjalanan, saya sampai dan ternyata Shefa sudah datang terlebih dahulu. Seperti biasa, kami menunggu pintu dibuka oleh Bang Gun, dan tidak lama kemudian Mas Ridwan, pembimbing kami, datang. Kami melakukan briefing pagi seperti biasa sebelum mulai bekerja, dan saya kembali ditegur terkait laporan saya yang tidak dijabarkan.

Setelah briefing, kami menuju meja kerja di atas. Pagi ini, saya melanjutkan tugas saya kemarin yang belum selesai, yaitu modul 15 lab2 tentang Network Device and Configuration. Saya mengalami kesulitan pada modul ini karena server Adinusa tidak merespons. Saya bertanya-tanya di grup, namun masalahnya belum terpecahkan. Setelah menghabiskan waktu cukup lama, akhirnya saya menginstal ulang server dan bisa melanjutkan tugas lab2 modul 15. Di sela-sela kami mengerjakan, ada anak PKL baru yang bergabung, yaitu Shasya dari SMK Bina Pendidikan 3 Bogor. Saya sempat kaget karena itu jauh sekali dari markas kami, tapi tidak apa-apa, semoga betah dan semangat belajar.

Setelah selesai dengan modul 15 lab2, saya melanjutkan ke modul 16 tentang Firewall. Pada modul 16 lab1, saya kembali mengalami kendala, yaitu curl yang tidak bisa terbaca oleh server meskipun sudah berhasil dan muncul ketika dicari. Namun, jika saya mengirim tugasnya, ternyata belum terbaca oleh server, yang menyebabkan nilai saya tidak sempurna, yaitu 75. Setelah mencoba berkali-kali dan tetap sama saja, akhirnya saya langsung melanjutkan ke modul berikutnya, yaitu modul 17 tentang System Startup and Group dan modul 18 tentang System Init: Systemd, Systemv, dan Upstart. Beberapa jam berlalu, dan tak terasa sudah jam 03.00 sore. Saatnya saya menyusun laporan agar tidak terjadi hal seperti minggu kemarin. Oh ya, ternyata saya dan Shefa masih mendapat koreksi mengenai kesalahan penulisan (typo). Harapan Mas Ridwan, semoga di minggu ke-3 ini sudah tidak ada lagi kesalahan penulisan, saya dan Shefa pun berharap demikian.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Oh iya, kesan untuk hari ini adalah hari yang membuat saya cukup lelah karena banyak hal, tetapi saya tetap menjalani hari ini dengan bismillah, dan itu menjadikan hari ini lancar tanpa kendala seperti kemarin-kemarin. Terima kasih untuk diri sendiri yang tidak pernah menyerah menjalani apapun, dan terima kasih juga untuk hari ini. Dan terima kasih sudah mau membaca sampai akhir.


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer