Day 14 Prakerin Di Excellent ~ First Time Mengikuti Webinar Excellent

HARI KE-EMPAT BELAS PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Ada sedikit perubahan hari di blog kali ini; kenapa tiba-tiba jadi Day 14 padahal Day 13-nya tidak ada? Saya mohon maaf atas ketidakhadiran saya di blog sebelumnya. Kemarin, saya tidak masuk kantor karena mengurus pajak dan balik nama STNK kendaraan saya. Ini pertama kalinya saya mengurus semua hal tersebut sendiri, dan ternyata prosesnya memakan waktu seharian di Samsat. Ada perubahan prosedur yang membuat proses ini menjadi lebih rumit: sekarang kita harus mengambil BPKB terlebih dahulu sebelum membayar dan mengambil STNK. Itu adalah kegiatan saya kemarin. Sekarang, mari kita lanjut ke topik utama, yaitu kegiatan saya selama prakerin di Excellent.

Hari ini adalah hari Kamis dan hari pertama saya masuk setelah libur kemarin. Singkat cerita, saya sampai di kantor sekitar pukul 07.16, berangkat bareng Shefa karena motor saya akan digunakan untuk meneruskan perubahan identitas dan pembayaran pajak. Kami menunggu pintu dibuka oleh Bang Gun. Sambil menunggu, saya bertanya pada Shefa tentang kegiatannya kemarin:

Saya: "Shef, kemarin ngapain aja?"

Shefa: "Kemarin, gue lanjutin belajar Kodekloud sama baca buku yang dikasih Mas Ridwan."

Saya: "Oalah, enggak ada tugas dari Pak Bos lagi?"

Shefa: "Enggak ada, Pan."

Tak lama setelah itu, pintu dibuka oleh Bang Gun dan kami langsung masuk. Seperti biasa, kami menunggu Mas Ridwan untuk briefing. Mas Ridwan datang menggunakan Grab mobil, dan saya sedikit kaget karena biasanya beliau tidak menggunakan kendaraan tersebut. Ternyata, beliau membawa banyak barang, termasuk makanan untuk semua karyawan di Excellent. Briefing pagi ini hanya membahas kinerja Shefa kemarin karena saya tidak masuk. Ternyata, materi pembelajaran Shefa sudah jauh lebih maju dibandingkan saya, jadi saya harus mengejar materi tersebut. Oh iya, hari ini juga adalah hari ulang tahun pembimbing kami, Mas Ridwan. Selamat ulang tahun, Mas! Semoga panjang umur, sehat selalu, murah rezeki, dan dimudahkan segala urusannya. Terima kasih banyak karena Mas Ridwan membawa makanan untuk semua karyawan. Semoga berkah selalu.

Setelah briefing, saya langsung ke meja kerja dan memulai kegiatan pagi dengan membaca buku "Panduan Singkat Membangun Server" untuk CentOS. Di sela-sela membaca, saya diberitahu bahwa ada webinar dari Excellent yang diberitahu oleh Mas Ridwan. Webinar ini berjudul "Optimalisasi Infrastruktur IT dengan Proxmox" dan dimulai pada pukul 09.00 serta berakhir sekitar pukul 11.50. Webinar ini sangat informatif dan memberikan banyak pengetahuan. Selain itu, jika kalian mengikuti webinar dari Excellent, kalian tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga kesempatan untuk mendapatkan reward jika ada pertanyaan. Tadi ada yang mendapatkan voucher uang tunai dan kaos dari Excellent. Jadi, jika kalian tertarik mengikuti webinar dari Excellent, tunggu saja infonya.

Setelah webinar, saya melanjutkan pembelajaran dengan Kodekloud, yang seharusnya diselesaikan sebelum Adinusa. Namun, Kodekloud hanya tersedia dalam bahasa Inggris, yang membuat saya sedikit kesulitan karena saya tidak terlalu fasih dalam bahasa Inggris. Target saya hari ini adalah mencapai modul 3. Saya mulai dengan modul 2 yaitu "Essential Commands" dan melanjutkan ke modul 3 yaitu "Operation of Running System". Setelah beberapa jam, alhamdulillah saya berhasil mencapai modul 3 walaupun baru sampai point 13. Dan waktu sudah menunjukkan pukul 15.00, jadi saya harus mulai menulis laporan dan blog untuk diserahkan ke Pak Bos.

Setelah menulis laporan, saya segera mengirimkannya ke Pak Bos. Hari ini saya merasa cukup senang, terutama karena hari ini adalah hari ulang tahun pembimbing saya dan saya diberi makanan sepanjang hari. Bahkan, seluruh karyawan tiba-tiba dibelikan makan siang oleh Pak Bos. Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Terima kasih kepada Pak Bos, Mas Ridwan yang berulang tahun, dan juga terima kasih kepada diri sendiri atas usaha hari ini. Semoga besok kita bisa bekerja sama lagi. Terima kasih sudah membaca hingga akhir.


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer