Day 16 Prakerin Di Excellent ~ Membuat Dns Server Di Vmware part1

HARI KE-ENAM BELAS PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini adalah hari ke-16 saya prakerin di Excellent, atau sudah berjalan 4 minggu melaksanakan prakerin.

Singkat cerita, saya tiba di kantor pada pukul 7.20 dan sudah ada Shefa yang lebih dulu sampai. Pagi ini seperti biasa diawali dengan briefing pagi oleh pembimbing kami. Mungkin sudah tidak ada catatan lagi terkait dengan salah penulisan kata (typo), tetapi masih ada yang harus diperbaiki, yakni tentang isi blog-nya. Setelah briefing, kami langsung menuju meja kami, tepatnya di atas. Ternyata, hari ini karyawan-karyawan yang berada di kantor satunya dipindahkan semuanya ke markas utama. Yang biasanya kantor tidak terlalu penuh kini menjadi ramai.

Pagi ini diawali dengan membaca buku yang diberikan oleh Mas Ridwan, yakni CentOS: Panduan Singkat Membangun Server. Saya melanjutkan membaca dari bab 3, dan di sela-sela saya membaca, ternyata Mas Ridwan memberikan kami tugas pertama, yaitu diminta untuk membuat DNS Server pada VMware yang diberikan oleh Mas Ridwan. Karena saya tidak pernah menggunakan VMware, saya dibantu oleh Mas Tyo untuk mengoperasikan VMware. Setelah diberitahu oleh Mas Tyo cara mengoperasikannya, saya langsung mencoba untuk mengerjakan tugas pertama saya. Awalnya memang aman waktu menginstalasi Ubuntu-nya, tetapi di tengah jalan, saya mendapatkan kendala.

Kendala-nya adalah ketika saya mencoba mengikuti panduan yang diberikan oleh Mas Ridwan tentang membuat DNS Server, saya tidak bisa menginstal bind9. Saya mencoba mencari cara terlebih dahulu melalui internet, dan ternyata hasilnya sama saja. Setelah mencoba berbagai cara dan hasilnya tetap sama, akhirnya saya mencoba bertanya kepada Mas Ridwan.

Saya: "Mas, ini kenapa saya tidak bisa instal bind9 ya?"

Mas Ridwan: "Cek koneksi internet-nya dan apakah apt update bisa?"

Saya: "Tidak bisa, Mas."

Mas Ridwan: "Tidak connect dengan internet itu. Coba cek ping Google lancar atau tidak?"

Saya: "Sama saja, Mas."

Mas Ridwan: "Cek resolve-nya. Pastikan juga satu segmen jaringan-nya sama dengan Network VM-nya. Nanti Mas Tyo info segmen masing-masing Network VM-nya."

Saya: "Baik, Mas Ridwan."

Setelah istirahat, saya kembali mengerjakan tugas tadi dan Mas Tyo juga sudah memberikan segmen masing-masing network-nya. Saya langsung mencoba untuk menginstal ulang server Ubuntu-nya demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa jam berlalu, saya hampir menyerah karena sudah ada progres namun kembali menemukan error yang membuat saya meminta bantuan Mas Ridwan kembali. Saya meminta maaf jika hasil tugas hari ini tidak sesuai ekspektasi Mas Ridwan karena ini benar-benar pertama kali dan saya masih banyak human error-nya dalam meng-code server.

Tak terasa waktu menunjukkan jam 16.30. Sudah waktunya untuk pulang, dan benar saja, tugas hari ini tidak selesai dan harus dilanjutkan untuk esok hari. Saya meminta maaf jika saya tidak bisa memenuhi ekspektasi dan mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Terima kasih kepada Mas Ridwan yang selalu sabar membimbing saya dan Shefa. Terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini. Esok kita berjuang lebih keras lagi. Terima kasih sudah mau membaca sampai akhir. Babaii......


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer