Day 17 Prakerin Di Excellent ~ Membuat Dns Server Di Vmware Part2

HARI KE-TUJUH BELAS PKL

Halo semuanya! Hari ini adalah hari ke-17 saya melaksanakan prakerin di Excellent. Singkat cerita, saya tiba di kantor pada pukul 7.20, dan tak lama setelah saya sampai, Pak Bos juga tiba di kantor. Pagi ini, Pak Bos memberikan saya dan Shefa motivasi karena tugas kemarin yang tidak selesai. Beliau berkata, "Jangan gampang menyerah jika mengerjakan soal seperti itu dan tetap semangat. Kalian itu beruntung bisa melaksanakan prakerin di sini karena di sini berbeda dengan PT lainnya. Di sini, kalian akan mendapatkan banyak ilmu, dan kalian dikenal oleh semua karyawan, tidak seperti di PT lainnya yang menganggap anak PKL itu sebagai debu di antara gurun pasir atau hanya dianggap oleh yang mengenal saja." Mungkin itu yang bisa saya ringkas karena Pak Bos bercerita banyak sekali, dan saya lumayan kagum dengan sejarah karier Pak Bos. Terima kasih, Pak Bos, atas motivasinya.

Hari ini seperti biasa diawali dengan briefing pagi dengan pembimbing kami, yaitu Mas Ridwan. Mas Ridwan membahas terkait tugas kemarin yang tidak selesai karena ada salah memasukkan kode saat kami mengerjakannya. Akhirnya, Mas Ridwan memberikan sedikit tutorial agar kami bisa berhasil, mulai dari pengaturan awal hingga cara mengecek berhasil atau tidaknya.

Setelah diberi sedikit tutorial oleh Mas Ridwan, saya langsung menuju meja kerja kami dan mencoba menggarap tugas tersebut. Pada percobaan pertama, saya masih melakukan kesalahan kode, padahal sudah diberi sedikit tutorial oleh Mas Ridwan. Jujur, ini memang benar-benar baru bagi kami, jadi kami masih sedikit lupa tentang instalasi DNS seperti ini.

Setelah percobaan pertama gagal, saya mencoba untuk kedua kalinya dengan tutorial web, dan ternyata hasilnya masih sama. Masih terdapat error yang menyebabkan DNS-nya tidak mau me-lookup. Akhirnya, kami meminta bantuan Mas Ridwan kembali agar tugas ini cepat selesai dan kami bisa melanjutkan ke tugas selanjutnya. Mas Ridwan kembali memberikan tutorialnya, dan kali ini lebih detail agar kami benar-benar paham dan bisa menyelesaikannya.

Setelah diberi tutorial untuk kedua kalinya oleh Mas Ridwan, saya langsung melakukan percobaan untuk ketiga kalinya. Pada percobaan ketiga ini, kami cukup memakan waktu karena ada beberapa error yang tidak bisa ditemukan, walaupun DNS-nya sudah bisa me-lookup dan sudah muncul output yang diinginkan. Setelah Mas Ridwan cek, ternyata memang sulit menemukannya, dan beliau pun ikut bingung karena masih ada error padahal DNS sudah bisa me-lookup. Beberapa jam berlalu, penyebabnya masih tidak ketemu, dan waktu sudah menunjukkan jam 4, jadi kami disuruh untuk menulis laporan dan blog saja sebagai laporan ke Pak Bos.

Mungkin cukup sekian untuk blog hari ini. Akhirnya, kami bisa menyelesaikan masalah DNS yang kemarin tidak selesai, dan kami sudah diberi tugas selanjutnya untuk hari esok, yaitu menginstal Zimbra pada Linux kami. Semoga saja besok lancar dan tidak ada kendala sehingga bisa selesai di hari esok juga. Aamiin.... Mohon maaf untuk Pak Bos dan juga Mas Ridwan kalau kami tidak bisa memenuhi ekspektasi dalam mengerjakan tugasnya, dan terima kasih sudah mau mengajarkan kami dengan sabar hingga bisa. Terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan proud of me sudah bisa menyelesaikan tugas pertama. Terima kasih sudah mau membaca sampai akhir. Babai........


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer