Day 18 Prakerin Di Excellent ~ Installasi Zimbra Untuk Pertama Kalinya

HARI KE-DELAPAN BELAS PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini adalah hari ke-18 saya melaksanakan prakerin, dan kalian tahu? Hari ini adalah hari pertama saya belajar menginstal Zimbra pada Linux Ubuntu.

Pagi ini, saya kembali diberi masukan oleh Pak Bos tentang pekerjaan kami kemarin. Beliau berpesan, "Seharusnya kalian bisa lebih memanfaatkan AI dalam kehidupan kalian. AI ini bisa sangat membantu, apalagi untuk tugas kalian kemarin. Jadi, seharusnya kalian jangan terpaku pada satu tutorial saja, tetapi harus mencari referensi lainnya." Mungkin itu yang bisa saya ringkas, dan sepertinya Pak Bos tidak puas dengan kinerja kami kemarin karena memakan waktu lama, sehingga materi selanjutnya tertahan. Mohon maaf dan terima kasih, Pak Bos, atas masukannya.

Setelah selesai diberi masukan oleh Pak Bos, Mas Ridwan langsung menyuruh kami menuju meja kerja. Karena sudah briefing dengan Pak Bos, maka tidak ada briefing kembali dengan Mas Ridwan. Setelah sampai, saya langsung mencari buku panduan instalasi Zimbra Fundamental yang diberitahu oleh Mas Ridwan. Ternyata, buku tersebut tidak ada di loker atas, dan Mas Ridwan memberitahu bahwa kemungkinan ada di loker bawah tangga. Namun, karena saya sudah memulai pekerjaan, saya tidak jadi mengambil buku tersebut dan memilih membaca panduan melalui blog Om Ahmad dan Mas Tyo.

Hari ini adalah lanjutan dari tugas kemarin, yaitu menginstal Zimbra pada Linux masing-masing. Karena kemarin saya menggunakan Ubuntu, saya melanjutkan kembali menggunakan Ubuntu, namun terdapat beberapa catatan, yaitu versi Ubuntu yang saya gunakan kemarin adalah versi 22.04. Karena di Zimbra, Ubuntu 22.04 masih Beta, saya harus downgrade menjadi 20.04 agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Pada percobaan pertama, saya mencoba menggunakan referensi melalui blog Om Ahmad. Di blog Om Ahmad, instalasi sudah dijelaskan secara detail dan jelas, tetapi beliau menggunakan versi Ubuntu yang sudah lama. Ketika saya coba instalasi menggunakan panduan dari blog Om Ahmad, terdapat error, yaitu nama domain yang saya buat tidak muncul. Saya mencoba bertanya kepada AI, tetapi hasilnya sama, jadi saya langsung mengulangnya demi menghemat waktu.

Pada percobaan kedua, saya mencoba menggunakan referensi melalui blog Mas Tyo. Di blog Mas Tyo, panduan juga sangat lengkap dan lebih ringkas daripada blog Om Ahmad. Setelah saya instalasi, terdapat error saat ingin menginstal Zimbra, yaitu "ERROR: Unable to retrieve Zimbra GPG key for package validation. Please fix system to allow normal package installation before proceeding." Saya juga mencoba bertanya melalui ChatGPT, tetapi tidak ada perubahan. Saya langsung menanyakan kepada Mas Ridwan, dan ternyata setelah GPG key dimatikan oleh Mas Ridwan, Zimbra bisa diinstal dengan normal, dan saya berhasil menyelesaikan tugas kedua, yaitu menginstal Zimbra.

Mungkin di blog selanjutnya, saya akan memberikan sedikit tutorial agar bisa menjadi referensi juga untuk yang lainnya. Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Saya cukup senang hari ini karena bisa menyelesaikan tugas kedua tepat waktu. Terima kasih kepada Pak Bos dan juga Mas Ridwan yang telah membantu, dan terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini. Semoga besok bisa bekerja sama kembali. Terima kasih sudah mau membaca sampai akhir. Babai...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer