Day 19 Prakerin Di Excellent ~ Installasi zimbra part2

HARI KESEMBILAN BELAS PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini adalah hari kesembilan belas saya melaksanakan prakerin. Hari ini saya cukup senang karena kemarin saya berhasil menginstall Zimbra meskipun dibantu oleh pembimbing saya, Mas Ridwan.

Pagi ini diawali dengan briefing terkait kinerja saya kemarin. Alhamdulillah, tugas saya tentang instalasi Zimbra 10.01.0 pada Ubuntu 20.04 sudah selesai, meskipun ada beberapa catatan terkait penulisan blog. Terdapat kesalahan pengucapan ekspresi yang perlu diubah karena kurang nyaman dibaca. Saya meminta maaf kepada Pak Bos dan akan memperbaikinya ke depan.

Setelah briefing, saya diberi tugas kembali untuk menginstal Zimbra tanpa bantuan Mas Ridwan. Sambil menunggu Shefa, yang kemarin belum berhasil menginstal Zimbra, saya mulai mengerjakan tugas yang diberikan. Alhamdulillah, instalasi kedua ini selesai lebih cepat karena saya sudah pernah mencoba dan mengetahui kode-kode yang diperlukan.

Namun, di tengah instalasi, masalah yang sama seperti kemarin muncul: "ERROR: Unable to retrieve Zimbra GPG key for package validation. Please fix the system to allow normal package installation before proceeding." Masalah ini ternyata tidak hanya terjadi pada perangkat saya, tetapi juga pada perangkat Shefa. Kami pun mencari solusi karena Mas Ridwan sedang dalam meeting dan tidak bisa diganggu.

Saat mencari solusi, Shefa mencoba cara yang diberikan melalui ChatGPT, yakni dengan menjalankan "sudo apt update" lalu "sudo apt upgrade." Setelah melakukan upgrade, Shefa mendownload ulang repository Zimbra dan menginstalnya kembali. Akhirnya, masalah GPG key teratasi dan instalasi berjalan normal. Kami menyelesaikannya tepat sebelum jam istirahat, jadi masih ada waktu untuk lanjut ke materi berikutnya.

Setelah istirahat, saya mendapat pelatihan dari Mas Ridwan tentang Red Hat melalui website Udemy. Ternyata, modul pembelajarannya sama dengan modul Adinusa, jadi saya langsung mengerjakan modul tersebut. Beberapa jam berlalu, dan karena adanya rapat brainstorming dan ulang tahun Excellent, hari ini saya menyelesaikan hingga section 3 point 5.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Terima kasih kepada diri sendiri sudah bekerja sama dengan baik hari ini. Semoga besok bisa lebih baik lagi. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Sampai jumpa di blog berikutnya.

SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer