Day 22 Prakerin Di Excellent ~ Installasi Red Hat 9 di Vmware

HARI KEDUA PULUH DUA PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini adalah hari kedua puluh dua saya melaksanakan prakerin di Excellent. Langsung saja menuju blognya.

Pagi ini saya bangun jam 05.00 seperti biasa, dan tidak lupa untuk sholat subuh karena itu adalah hal yang wajib dan bisa mempermudah pekerjaan nanti. Pagi ini, saya berangkat tidak membawa motor sendiri melainkan bersama Shefa, dikarenakan motor saya mengalami bocor oli pada bagian head-nya, dan saya tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Singkat cerita, saya sampai di kantor pukul 07.21 dan menunggu pintu dibukakan oleh Bang Gun. Pagi ini diawali dengan briefing seperti biasa, dan di briefing kali ini juga membahas kembali tentang kepanitiaan ulang tahun dan brainstorming. Mas Ridwan menugaskan kami untuk membuat daftar obat yang kemarin sudah kami cek di markas, dan tidak lupa untuk mengisi harga tiap obatnya.

Setelah selesai briefing, saya langsung menuju meja kerja dan langsung mengerjakan tugas dari Mas Ridwan, yakni membuat daftar harga obat dan obat apa saja yang perlu dibeli. Singkat cerita, saya sudah menyelesaikannya, dan ternyata banyak obat yang menurut saya kurang. Karena saya takut salah, saya meminta Mas Ridwan untuk memeriksa terlebih dahulu, mengingat daftar tahun kemarin tidak terlalu banyak seperti yang saya buat hari ini.

Setelah selesai membuat daftar, saya melanjutkan tugas dari modul Udemy. Mungkin ini adalah bagian terakhir dari modul Udemy karena saya sudah berada di section terakhir, yakni section 5. Di sela-sela mengerjakan, tiba-tiba saya dipanggil oleh Pak Bos, tetapi tidak hanya saya, ada juga Mas Tyo, Mas Zaidan, Shefa, dan Caca. Ternyata kami dipanggil untuk diberikan motivasi oleh Pak Bos. Banyak sekali motivasi dari Pak Bos, dan kami juga mendengarkan pengalaman dari Mas Tyo dan Mas Zaidan.

Beberapa menit berlalu, banyak sekali motivasi yang diberikan oleh Pak Bos, dan beliau juga berpesan kepada kami bahwa kami harus bisa menempuh dunia kuliah. Apapun kondisinya, kalian harus kuliah karena itu sangat penting untuk diri kalian masing-masing, apalagi jika ingin terjun ke dunia kerja. Mungkin itu yang bisa saya ringkas dari pesan Pak Bos. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Setelah selesai diberi motivasi oleh Pak Bos, saya melanjutkan tugas saya, yakni menyelesaikan modul Udemy. Beberapa menit berlalu, saya akhirnya menyelesaikan modul Udemy. Dengan ini, modul Udemy telah selesai. Setelah selesai dengan modul Udemy, saya melanjutkan dengan mencoba menginstal Red Hat 9 pada VMware.

Menurut saya, penginstalan RHEL 9 ini lebih mudah dibandingkan Ubuntu karena di RHEL 9 ini bisa menggunakan GUI. Namun, saat instalasi, saya mengalami error yakni akun Red Hat saya tidak bisa diregistrasi. Ternyata Shefa pun mengalami hal yang sama, dan kami berdua mencoba mencari cara untuk meregistrasi akun kami.

Beberapa menit setelah mencari di internet, ternyata penyebab akun kami tidak bisa diregistrasi adalah karena belum mengaktifkan subscription. Setelah mengetahui hal itu, kami langsung mengaktifkan subscription-nya. Setelah diaktifkan, ternyata benar, langsung bisa diregistrasi, tetapi saya mendapat masalah kembali, yakni "software selection" error dengan note "installation source not set up," padahal installation source-nya sudah berjalan dengan normal.

Saya mencoba bertanya kepada Shefa apakah RHEL dia bisa, dan ternyata RHEL dia tidak terdapat kendala seperti saya. Dia bisa menjalankan instalasi dengan normal, entah mengapa di saya malah terdapat error. Setelah mencoba mencari di YouTube dan Google, sepertinya ada yang salah dari server Red Hat-nya. Ketika saya mencoba masuk menggunakan akun Shefa, bisa berjalan dengan normal dan bisa langsung instal, tetapi ketika saya masuk menggunakan akun saya, tetap saja tidak bisa. Hingga saya membuat akun baru pun tetap tidak bisa.

Mungkin hanya segini untuk blog kali ini. Di hari berikutnya mungkin saya akan mencoba memecahkan masalahnya dengan Mas Ridwan, barangkali beliau bisa membantu supaya instalasi bisa berjalan dengan normal. Mohon maaf atas kekurangan dan kelebihannya. Oh ya, tidak lupa untuk berterima kasih kepada Pak Bos yang sudah memberikan motivasi hari ini, dan terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang sampai akhir. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Babai...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer