Day 23 Prakerin Di Excellent ~ Apa itu Devops?

HARI KE DUA PULUH TIGA PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Di blog kali ini mungkin akan berbeda dari yang sebelumnya karena hari ini saya akan membahas materi baru dalam pembelajaran saya. Langsung saja menuju blognya.

Pagi ini, seperti biasa, saya diawali dengan briefing pagi. Namun, briefing pagi kali ini tidak hanya diikuti oleh saya dan Shefa saja, tetapi juga oleh Caca, karena Mas Ridwan memiliki banyak pekerjaan sehingga briefing pagi ini digabung. Tidak ada koreksi terkait penulisan, tetapi pada laporan ada beberapa yang harus diperbaiki, dan pagi ini kami diminta untuk melanjutkan materi setelah kemarin mempelajari Red Hat. Hari ini, pembelajaran dilanjutkan dengan DevOps.

Awalnya saya bingung karena belum pernah mendengar sebelumnya, dan ternyata DevOps adalah pendekatan yang menggabungkan pengembangan perangkat lunak (Development) dan operasi TI (Operations) untuk meningkatkan kecepatan, kualitas, dan efisiensi dalam pengiriman aplikasi. Dengan kata lain, DevOps berfungsi untuk meningkatkan kecepatan, efisiensi, dan kualitas dalam pengembangan dan penyampaian perangkat lunak.

Setelah mengetahuinya, saya mulai mempelajari melalui buku panduan yang diberikan oleh Om Ahmad, yaitu Panduan Praktikum Docker dan Kubernetes. "Kok bukan panduan DevOps, Bang?" Karena Docker dan Kubernetes juga termasuk bagian dari DevOps. Dengan menggunakan Docker dan Kubernetes, tim DevOps dapat mengimplementasikan praktik terbaik dalam pengembangan dan operasi perangkat lunak, memastikan aplikasi dikembangkan dan dijalankan dengan efisien, konsisten, dan skalabel.

Setelah diberikan panduan oleh Om Ahmad, kami juga diberikan beberapa link untuk pembelajaran Docker dan Kubernetes. Namun, untuk kali ini, saya ingin mempelajari Docker terlebih dahulu. Untungnya, saya diberikan link oleh Mas Ridwan untuk belajar Docker dasar melalui modul KodeKloud. Dan untungnya lagi, pembelajaran ini tidak berbayar sehingga bisa kami akses melalui akun sendiri.

Setelah diberikan link, saya langsung mengerjakannya. Modul KodeKloud ini sangat lengkap, dan di modul ini tidak perlu instal-instal lagi karena lab-nya sudah disediakan oleh KodeKloud. Pembelajaran modul 1 dimulai dengan mempelajari "Apa itu Docker." Docker adalah platform open-source yang memungkinkan pengembang untuk otomatisasi, pengemasan, pengujian, dan distribusi aplikasi dalam bentuk container.

Setelah mengenal apa itu Docker, dilanjutkan dengan pembelajaran modul 2 tentang Docker Command. Docker Command adalah perintah yang digunakan untuk berinteraksi dengan Docker daemon dan mengelola Docker containers, images, networks, dan volumes.

Setelah modul 2, dilanjutkan dengan pembelajaran modul 3 tentang Docker Run. Docker Run adalah alat utama untuk memulai dan mengelola container dalam Docker.

Setelah mempelajari modul 1, 2, dan 3, dilanjutkan ke modul 4, yaitu tentang Docker Images. Docker Images adalah cetak biru yang digunakan untuk membuat dan menjalankan Docker containers. Mereka berisi semua yang diperlukan untuk menjalankan sebuah aplikasi, termasuk kode aplikasi, dependensi, pustaka, dan konfigurasi sistem.

Pada modul 1, 2, 3, dan 4 ini juga terdapat lab-lab yang harus dikerjakan. Untuk lanjut ke lab selanjutnya, setidaknya di setiap modul terdapat 1 lab yang harus diselesaikan. Di tengah-tengah waktu saya mengerjakan, saya dipanggil oleh Mas Ridwan untuk melakukan briefing tim perlengkapan guna memberikan update terkait tanggung jawab masing-masing anggota.

Saya kembali ditugaskan untuk men-sortir obat-obatan karena harganya yang begitu mahal dan banyak obat yang memiliki kegunaan yang sama. Setelah selesai briefing, saya kembali menyelesaikan tugas saya, dan alhamdulillah hari ini bisa selesai hingga modul 4.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Semoga di blog esok hari saya bisa menyelesaikan modul Docker ini. Terima kasih Om Ahmad dan Mas Ridwan yang telah memberikan materi. Terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini. Semoga besok bisa lebih semangat, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. Babai...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer