Day 25 Prakerin Di Excellent ~ Apa Itu DevOps? part 3

HARI KE DUA PULUH LIMA PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Di blog kali ini, mungkin akan menjadi bagian terakhir dari pembelajaran Docker. Langsung saja kita menuju ceritanya.

Pagi ini, saya tiba di kantor pukul 07.21. Hari ini, saya berangkat bersama Shefa, dan ada yang spesial karena seluruh karyawan dibelikan sarapan oleh Pak Bos, yaitu bubur ayam. Ini pertama kalinya saya dibelikan sarapan, dan rasanya senang sekali karena saya tidak sarapan di rumah sebelum berangkat tadi. Sembari menunggu karyawan lain datang, saya dan Shefa menyiapkan mangkuk untuk buburnya.

Setelah semua karyawan selesai sarapan, kegiatan selanjutnya berjalan seperti biasa. Karena hari ini adalah hari Jumat, ada briefing rutin di pagi hari, dan briefing kali ini dilakukan secara offline. Senang rasanya bisa kembali mengikuti briefing secara langsung. Banyak hal yang dibahas pada briefing kali ini, dan salah satu koreksi dari Pak Bos adalah terkait jam kedatangan karyawan yang mungkin terlalu mepet dengan jam masuk kantor.

Setelah briefing selesai, saya langsung menuju meja kerja dan menyiapkan materi untuk presentasi nanti pada saat rapat panitia acara ulang tahun dan brainstorming. Rapat dimulai sekitar pukul 11, dan kali ini bertujuan agar setiap tim bisa memberikan update terkait diskusi mereka. Untuk tim saya, yaitu tim perlengkapan, kami memberikan update tentang perlengkapan kelompok, obat-obatan, dan perlengkapan pribadi.

Ternyata, saya dan Shefa diberikan tugas untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kami di minggu-minggu sebelumnya. Saya membagi tugas dengan Shefa: dia akan mempresentasikan perlengkapan kelompok dan obat-obatan, sedangkan saya akan mempresentasikan perlengkapan pribadi. Saya sedikit gugup karena ini kali pertama saya melakukan presentasi lagi, dan mungkin juga karena audiencenya berbeda dengan yang di sekolah.

Namun, alhamdulillah, saya bisa melewatinya meskipun hanya sebentar dan tidak terlalu detail dalam menjelaskan karena waktu yang sudah mendekati waktu shalat Jumat. Meski begitu, saya tetap senang karena bisa presentasi di depan karyawan lain dan juga Pak Bos. Setelah briefing dengan tim panitia acara ulang tahun dan brainstorming selesai, saya langsung menuju masjid untuk menunaikan shalat Jumat.

Setelah shalat Jumat, seperti biasa setiap Jumat, ada makan siang bersama. Menu kali ini adalah ayam Jatinangor, atau ada juga yang menyebutnya McD KW, hahaha. Senang rasanya hari ini sudah mendapat sarapan dan makan siang, semoga ini bisa menjadi berkah untuk PT Excellent dan juga Pak Bos.

Selesai makan siang, saya melanjutkan tugas, yaitu menyelesaikan modul KodeKloud tentang pembelajaran Docker dasar. Hari ini dimulai dengan modul 10, yaitu Container Orchestration. Container Orchestration adalah proses otomatisasi dalam pengelolaan, penyebaran, penskalaan, dan pengoperasian aplikasi yang dijalankan dalam container di berbagai lingkungan, baik di cloud, on-premise, atau hybrid.

Dalam pembahasan Container Orchestration ini, terdapat beberapa platform yang populer, seperti Kubernetes dan Docker Swarm. Kubernetes adalah platform open-source yang sangat populer untuk container orchestration. Kubernetes menyediakan framework yang kaya untuk menjalankan aplikasi yang dapat diskalakan, dikelola, dan diatur secara otomatis. Sementara itu, Docker Swarm adalah mode container orchestration yang dibangun langsung ke dalam Docker. Swarm lebih mudah dikonfigurasi dibandingkan Kubernetes tetapi menawarkan fungsionalitas yang lebih terbatas.

Setelah menyelesaikan modul 10, saya melanjutkan ke modul terakhir, yaitu modul 11. Di modul 11 ini hanya berisi kesimpulan atau akhir dari pembelajaran, tetapi di bagian akhir ini juga diselipkan satu materi tentang apa itu YAML. YAML adalah format file data serialization yang mudah dibaca oleh manusia.

Setelah menyelesaikan pembelajaran Docker dasar, saya mendapat sertifikat dari pembelajaran tersebut. Karena masih ada waktu beberapa menit, saya mencoba membuka materi selanjutnya, yaitu DevOps Engineer Learning Path. Saya hanya sempat menonton video pengantar karena waktunya sudah menunjukkan pukul 16.00, dan saya melanjutkan dengan menulis blog dan laporan untuk hari ini.

Mungkin cukup sekian untuk blog hari ini. Saya sangat senang karena banyak hal yang membuat saya bahagia, mulai dari mendapatkan sarapan hingga bisa menyelesaikan presentasi tim panitia acara ulang tahun dan brainstorming. Terima kasih kepada Pak Bos atas sarapan dan makan siang hari ini. Terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, proud of me, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. Babai....


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer