Day 28 Prakerin Di Excellent ~ Apa Itu DevOps ? Part 6

HARI KE DUA PULUH DELAPAN PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini, saya akan melanjutkan pembelajaran saya tentang Apa Itu DevOps. Langsung saja, mari kita mulai blognya.

Pagi ini, saya tiba di kantor pukul 07.26, sedikit lebih lambat dibandingkan kemarin karena jalanan cukup macet. Seperti biasa, pagi hari diawali dengan briefing. Pada briefing kali ini, tidak ada koreksi khusus; Mas Ridwan hanya mengingatkan tentang tugas jurnal kami, mulai dari absensi bulanan, lampiran harian, dan judul jurnal kami.

Setelah briefing selesai, saya melanjutkan tugas dengan mengerjakan modul KodeKloud tentang DevOps Engineer Learning Path. Karena kemarin saya sudah menyelesaikan modul 5, hari ini saya melanjutkan ke modul 6 yang membahas tentang Web Server. Pada modul ke-6 ini, terdapat 12 poin. Poin 1 hingga 6 membahas tentang Web Server dan Apache.

Apa itu Web Server? Web Server adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang menerima permintaan dari klien melalui protokol HTTP/HTTPS dan mengirimkan respons, seperti halaman web atau file. Sedangkan, apa itu Apache? Apache adalah web server open-source yang populer, digunakan untuk mengirimkan konten web dengan fleksibilitas tinggi dan dukungan luas terhadap berbagai modul.

Setelah menyelesaikan poin 1 hingga 6, saya melanjutkan ke poin 7 hingga 8 yang membahas tentang Python Deploy Flask App. Apa itu Python Deploy Flask App? Ini adalah proses menyiapkan aplikasi web yang dibuat menggunakan Flask (framework Python) agar dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Setelah menyelesaikan poin 7 hingga 8, saya berlanjut ke poin 9 hingga 10 yang membahas tentang NodeJS Express App.

NodeJS Express App adalah aplikasi web yang dibangun menggunakan Express.js, sebuah framework minimalis untuk Node.js. Express.js menyederhanakan proses pengembangan aplikasi web dengan menyediakan fitur-fitur dasar untuk routing, middleware, dan pengelolaan permintaan HTTP. Setelah menyelesaikan poin 9 hingga 10, saya melanjutkan ke poin terakhir, yaitu poin 11 hingga 12 yang membahas tentang IPs dan Port.

IPs dan Port adalah alamat numerik unik untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan, sementara port adalah nomor yang menentukan aplikasi atau layanan spesifik di perangkat tersebut. IP mengarahkan data ke perangkat, dan port menentukan aplikasi mana yang akan menerima data di perangkat itu. Dengan ini, modul Web Server telah selesai, dan saya melanjutkan ke modul Database Basics.

Pada modul Database Basics ini, terdapat 6 poin. Poin 1 hingga 3 membahas tentang MySQL. Apa itu MySQL? MySQL adalah basis data relasional yang menyimpan data dalam tabel terstruktur dan menggunakan SQL, ideal untuk data terstruktur dan transaksi kompleks. Pada poin 1 hingga 3 ini juga dibahas tentang NoSQL. NoSQL adalah kategori basis data non-relasional yang lebih fleksibel, cocok untuk data tidak terstruktur dan skalabilitas tinggi, dengan jenis seperti dokumen, key-value, graf, dan kolom.

Setelah menyelesaikan poin 1 hingga 3, saya melanjutkan ke poin terakhir, yaitu poin 4 hingga 6 yang membahas tentang MongoDB. Apa itu MongoDB? MongoDB adalah basis data NoSQL berbasis dokumen yang menyimpan data dalam format JSON-like (BSON), menawarkan skema fleksibel dan skalabilitas horizontal yang tinggi, cocok untuk aplikasi dengan data tidak terstruktur dan kebutuhan performa tinggi.

Setelah menyelesaikan modul Database Basics, saya melanjutkan ke modul Security. Pada modul ini, terdapat 3 poin, namun penjelasannya cukup mendalam. Modul ini membahas tentang SSL dan TLS Basics. Apa itu SSL? SSL adalah protokol keamanan awal yang dirancang untuk mengenkripsi komunikasi antara klien (seperti browser) dan server. Sedangkan TLS adalah penerus SSL yang dirancang untuk meningkatkan keamanan dengan peningkatan enkripsi dan fitur keamanan tambahan.

Mungkin cukup sekian untuk catatan blog hari ini. Mohon maaf jika progresnya sedikit lambat karena saya harus mengulang penjelasan agar lebih paham, serta ada sedikit masalah saat mengerjakan lab-lab yang diberikan. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, walaupun hampir tumbang karena dikerjain teman tengah malam untuk bongkar motor. Tapi tidak masalah, yang penting tetap bisa datang ke kantor. Terima kasih juga sudah membaca sampai akhir. Babai.....


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer