Day 30 Prakerin Di Excellent ~ Yeyy Sudah Satu Bulan PKL🎉🎉

SATU BULAN PKL 🎉

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya, dan kalian tahu hari ini adalah tepat satu bulan saya melaksanakan PKL di PT Excellent.

Tidak terasa sudah 30 hari saya melaksanakan prakerin di PT Excellent. PKL di sini sangat menyenangkan, bahkan melebihi ekspektasi saya. Tempatnya nyaman, membuat saya betah, dan karyawannya sangat ramah. Suasana kerja di sini juga sangat fleksibel; saat serius, semua orang fokus, tetapi saat ada waktu bercanda, suasananya juga sangat santai. Saya sangat menikmati PKL di sini dan merasa bahwa ini melebihi ekspektasi saya. Selain itu, saya banyak belajar tentang hal-hal yang sebelumnya belum saya ketahui.

Kenapa saya memilih PKL di PT Excellent? Awalnya, saat mulai naik ke kelas 12, saya sempat berbincang dengan Shefa mengenai tempat PKL. Saya meminta Shefa untuk mengajak saya jika ada slot. Ketika mendekati waktu PKL, Shefa mengabari saya bahwa dia direkomendasikan oleh saudaranya untuk PKL di sebuah PT, yaitu Excellent, dan dia pun mengajak saya untuk PKL di sana. Karena saat itu saya belum mendapatkan tempat PKL, saya menerima ajakannya.

Tak terasa, ternyata saya sudah menjalani PKL selama satu bulan. Senang rasanya bisa bergabung dengan keluarga PT Excellent. Saya merasa sangat beruntung bisa bergabung di sini karena banyak sekali manfaat yang saya dapatkan selama PKL di sini. Selain itu, beruntungnya lagi, PKL di sini masih sesuai dengan jurusan saya, sehingga penulisan jurnal saya tidak terlalu rumit, berbeda dengan teman-teman yang PKL di luar jurusan mereka.

Sekarang, saya akan melanjutkan cerita tentang kegiatan saya sehari-hari selama PKL. Oke, lanjut!

Hari ini saya sampai di kantor jam 07.23. Seperti biasa, pagi hari selalu diawali dengan briefing, tetapi karena hari ini adalah hari Jumat, briefingnya dilakukan bersama seluruh tim. Briefing hari ini sedikit terlambat karena Pak Bos harus mengantar Vavai ke rumah sakit terlebih dahulu. Semoga Vavai cepat sembuh, ya, Pak Bos! Dalam briefing kali ini, Pak Bos memberikan banyak sekali masukan dan motivasi. Saya sangat berterima kasih kepada Pak Bos atas semua masukan dan motivasinya.

Setelah briefing dengan seluruh tim, saya dipanggil oleh Mas Ridwan untuk dimintai waktu sebentar guna melakukan briefing tim perlengkapan. Pada briefing tim perlengkapan hari ini, kami membahas terkait barang-barang yang perlu dibeli. Setelah beberapa menit, ada beberapa barang yang dihapus dan ada juga yang ditambah dalam daftar belanja.

Setelah briefing dengan tim perlengkapan, saya melanjutkan mengerjakan modul pembelajaran bahasa Inggris terlebih dahulu, dimulai dengan bagian 1 unit 15 yang berjudul "Menyatakan Waktu." Modul ini cukup memakan waktu karena latihannya lumayan banyak. Setelah mengerjakan modul Duolingo, saya melanjutkan ke pembelajaran utama, yaitu DevOps Engineer Learning Path.

Sebelum memulai pembelajaran utama, saya iseng mengecek blog saya. Saat melihat blog tersebut, saya merasa bosan dengan tampilannya, jadi saya mencoba mengubah tema blog saya. Ternyata, sudah disediakan template untuk mengeditnya. Saya memilih salah satu template yang ada fotonya dan menggantinya dengan foto saya bersama mama tercinta. Blog saya pun sekarang terlihat lebih menarik daripada sebelumnya.

Melanjutkan pembelajaran utama, yaitu DevOps Engineer Learning Path, karena kemarin saya sudah menyelesaikan modul DevOps Pre-Requisite Course, maka hari ini saya melanjutkan ke modul Fundamentals of DevOps. Dimulai dengan modul pertama yang berjudul Introduction. Pada modul ini hanya terdapat pengenalan terhadap modul dan penjelasan tentang apa saja yang akan dipelajari.

Setelah menyelesaikan modul pertama, ternyata waktu sudah menunjukkan jam 11.35. Karena hari ini adalah hari Jumat, saya melaksanakan salat Jumat terlebih dahulu. Setelah salat Jumat, seperti biasa di hari Jumat, ada makan siang bersama yang disediakan oleh Pak Bos. Menu hari ini adalah ayam Jatinangor, atau biasa disebut "MCD KW," hahaha. Jujur, rasanya memang mirip dengan MCD, tapi sedikit lebih pedas. Meskipun begitu, rasanya tetap tidak kalah dengan MCD asli.

Setelah selesai makan dan beristirahat, saya melanjutkan tugas yang diberitahukan kemarin oleh Mas Ridwan, yaitu membeli obat-obatan dan beberapa perlengkapan lainnya. Saat membeli obat, saya sempat terkejut karena harga yang saya input di tabel berbeda jauh dengan harga aslinya, sehingga total harga obat-obatan tidak sesuai dengan yang diperkirakan.

Setelah membeli obat, saya juga membantu Shefa membeli beberapa perlengkapan di supermarket. Ternyata, Shefa hanya membeli beberapa baterai dan gas portable karena sebagian uangnya saya gunakan untuk menalangi pembayaran obat-obatan. Akibatnya, ada satu barang yang dibeli tidak sesuai dengan jumlah yang tercatat, yaitu gas portable, yang seharusnya dibeli sebanyak 4 buah, tetapi hanya dibeli 2 buah karena uangnya kurang.

Setelah kembali ke kantor, saya langsung melanjutkan pembelajaran saya ke modul ke-2. Modul ke-2 ini membahas tentang "Apa Itu DevOps." Terdapat 4 poin dalam modul ini. Pada poin 1, dijelaskan tentang definisi DevOps. DevOps adalah pendekatan atau praktik dalam pengembangan perangkat lunak yang menggabungkan Development (pengembangan) dan Operations (operasi) untuk meningkatkan kolaborasi, komunikasi, dan integrasi antara tim pengembang (developer) dan tim operasi (operations). Tujuannya adalah mempercepat pengembangan dan rilis perangkat lunak, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan respons terhadap kebutuhan pengguna.

Pada poin 2, dibahas tentang The Antipatterns of DevOps. Poin ini menjelaskan tentang praktik, pendekatan, atau pola yang sering kali dianggap salah atau kontraproduktif dalam penerapan DevOps. Antipatterns ini bisa menghambat efektivitas tim, memperlambat pengiriman perangkat lunak, atau menurunkan kualitas produk. Pada poin 3, dibahas tentang The Frameworks around DevOps. Poin ini membahas tentang pendekatan, metodologi, dan alat yang mendukung praktik DevOps untuk mengoptimalkan pengembangan, deployment, dan operasional perangkat lunak secara efektif.

Mungkin cukup sekian untuk blog hari ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Pak Bos karena sudah menerima saya bergabung dengan keluarga PT Excellent. Terima kasih juga kepada diri saya sendiri karena sudah berjuang untuk hari ini, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. Babaii...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer