Day 41 Prakerin Di Excellent ~ Judul jurnal

HARI KE EMPAT PULUH SATU PKL

Halo semuanya! Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang "Apa Itu DevOps." Langsung saja menuju blognya.

Pagi ini saya sampai di kantor sekitar pukul 07.26. Saya sedikit senang karena bisa menggunakan motor saya yang baru saja selesai diperbaiki minggu lalu, tapi juga sedikit sedih karena menguras uang.

Pagi ini, seperti biasa, diawali dengan briefing oleh Mas Ridwan, pembimbing kami. Pada briefing kali ini, tidak ada koreksi. Namun, saya diminta untuk melanjutkan pembelajaran DevOps karena saya tertinggal dari Shefa akibat sakit. Seharusnya, hari ini adalah hari di mana saya dan Shefa mempresentasikan judul kami, tetapi karena belum ada konfirmasi dari pihak sekolah, presentasi diundur.

Setelah briefing, kami langsung menuju meja kerja. Sesampainya di meja, Shefa menegur saya.

  • Shefa: "Fan, kok pakai baju lengan panjang?"
  • Irfan: "Hah? Emang bukan ya?"
  • Shefa: "Kan sekarang hari Selasa, bukan Senin."
  • Irfan: "Oh iya, Shef. Lupa gue. Gue kira hari ini Senin. Terus gimana?"
  • Shefa: "Dilipat aja, Fan, ke atas, nggak apa-apa kali."
  • Irfan: "Oke deh, Shef."

Saya benar-benar lupa kalau hari ini Selasa, bukan Senin, jadi saya pakai baju lengan panjang.

Setelah menertawakan kejadian salah seragam, kami langsung membuka laptop untuk memeriksa email-email spam dari hari-hari sebelumnya. Pagi ini cukup banyak email yang terindikasi spam, jadi kami mulai dengan membersihkannya sebelum melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris.

Setelah selesai membersihkan email spam, saya melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris. Pembelajaran kali ini di bagian 2, unit 8, tentang berbagai jenis perjalanan. Sambil mengerjakan Duolingo, saya tetap memantau email untuk berjaga-jaga kalau ada yang terindikasi spam.

Kali ini, tugas Duolingo tidak sebanyak sebelumnya. Setelah menyelesaikannya, saya mencoba meminta konfirmasi dari pihak sekolah terkait judul yang ingin saya ajukan. Tak lama setelah saya mengirim pesan, pihak sekolah membalas bahwa judul tugas akhir dari Mas Ridwan tidak bisa dijadikan judul jurnal kami.

Setelah mendapatkan konfirmasi, saya langsung menyampaikan kepada Mas Ridwan via Telegram karena beliau sedang sibuk. Sambil menunggu jawaban, saya melanjutkan pembelajaran utama saya, yaitu "Learning Linux Basics Course & Labs."

Saat istirahat, Mas Ridwan datang ke ruangan saya dan memberikan jawaban terkait konfirmasi dari pihak sekolah. Beliau mengatakan bahwa melihat respon pihak sekolah, jurnal ini tidak bisa menggunakan tugas akhir yang diberikan, jadi kemungkinan tugas akhir akan diganti dengan project saja, mengingat waktu PKL hanya 5 bulan.

Mas Ridwan memberikan waktu sekitar dua minggu untuk kami memikirkan project yang akan dijadikan judul jurnal. Beliau juga berpesan agar judul tersebut sudah disetujui sekolah terlebih dahulu sebelum kami presentasikan kepadanya.

Setelah berbicara dengan Mas Ridwan, saya kembali melanjutkan pembelajaran utama. Alhamdulillah, hari ini saya berhasil menyelesaikan modul 9, poin 5. Topik yang saya pelajari adalah IP Tables, Cronjobs, SystemD, Disk Partitions, dan FileSystem di Linux.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Hari ini saya sedikit malu karena salah seragam, tapi tidak apa-apa. Ini kesalahan saya sendiri yang lupa hari. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga kepada kalian yang sudah membaca sampai akhir. Babaii...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer