Day 44 Prakerin Di Excellent ~ Tugas dadakanšŸ˜®

 HARI KE EMPAT PULUH EMPAT PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Langsung saja kita menuju blognya.

Pagi ini, saya sampai di kantor sekitar pukul 07.23. Karena hari ini adalah hari Jumat, maka pagi ini diadakan briefing dengan seluruh tim.

Pada briefing kali ini, saya mendapat banyak masukan dari Pak Bos mengenai blog saya. Beliau kurang senang dengan tema gelap yang sempat saya gunakan. Pak Bos juga menyarankan agar saya memberi variasi pada judul blog yang sebelumnya terkesan monoton.

Selain itu, Pak Bos mengecek terkait SWOT yang diberikan kepada masing-masing kelompok. Beliau berharap seluruh anggota dapat berkontribusi dalam program ini karena ini merupakan upaya untuk memajukan PT Excellent dan aktiva. Pak Bos juga menekankan pentingnya memberikan ucapan selamat atas pencapaian sekecil apa pun yang diraih oleh rekan-rekan.

Pak Bos juga membahas terkait project management untuk para atasan dan mengingatkan kami untuk bisa mengukur target yang ingin dicapai. Dalam briefing kali ini juga dilakukan undian bagi seluruh tim, yaitu kesempatan untuk bekerja di luar kantor selama sehari.

Setelah briefing, saya melanjutkan pembelajaran Duolingo sambil memonitoring email. Pagi ini, tidak terlalu banyak pesan terkait email spam, sehingga saya bisa menyelesaikan pembelajaran Duolingo sebelum sholat Jumat.

Setelah menyelesaikan Duolingo, saya melanjutkan ke pembelajaran utama saya, yaitu DevOps Engineer Learning Path. Hari ini, saya fokus pada modul Shell Scripts For Beginners, dan mempelajari topik Flow Control.

Di tengah mempelajari modul Flow Control, Mas Ridwan memberikan tugas tentang variabel dan conditional logics. Tugasnya adalah membuat skrip dengan format cek-angka.sh yang memuat variabel 0-6. Jika output variabel tersebut adalah angka genap, maka outputnya harus mencetak "genap", sedangkan untuk angka ganjil mencetak "ganjil", dan khusus angka 0 mencetak "netral".

Tugas ini harus diselesaikan sebelum jam pulang. Setelah menerima tugas, saya mencoba membuat skrip tersebut.

script pertama

Setelah menyelesaikan skrip pertama dan menyerahkannya ke Mas Ridwan, skrip tersebut di-ACC. Namun, Mas Ridwan memberi tambahan tugas untuk menghapus batasan angka pada skrip. Saya sempat bingung karena meskipun sudah menghapus perintah if pada skrip utama, skripnya tetap tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Akhirnya, saya mencoba memperbaikinya dengan bantuan ChatGPT.
script bantuan chatgpt

Dengan bantuan ChatGPT, akhirnya skrip tersebut berhasil digunakan sesuai keinginan Mas Ridwan, yaitu tanpa batasan angka. Skrip juga memberikan output yang benar jika inputnya berupa angka, dan output yang salah jika inputnya berupa huruf.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Oh ya, seharusnya hari ini adalah jadwal olahraga bersama seluruh tim, yaitu bermain bulutangkis setelah pulang kerja. Namun, sangat disayangkan, saya tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut karena sudah berjanji membantu menyelesaikan pekerjaan di bengkel teman saya yang harus selesai sebelum besok.

Mohon maaf kepada seluruh tim karena tidak bisa menghadiri kegiatan olahraga, dan mohon maaf kepada Pak Bos jika ada kesalahan dalam penjelasan briefing di atas. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga untuk kalian yang sudah membaca sampai akhir. Babai...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG



Komentar

Postingan Populer