Day 47 Prakerin Di Excellent ~ Materi Baru

HARI KE EMPAT PULUH TUJUH PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Setelah kemarin saya berbagi cerita tentang kegalauan, hari ini saya kembali dengan cerita tentang kegiatan PKL saya. Langsung saja menuju blognya.

Hari ini saya tiba di kantor sekitar pukul 07.22. Jalanan tidak terlalu macet, jadi saya bisa datang dengan santai. Seperti biasa, pagi ini diawali dengan briefing. Kali ini tidak ada koreksi dari pembimbing kami, dan kami hanya diminta untuk melanjutkan pekerjaan seperti biasa.

Setelah briefing, saya langsung mengecek email yang terindikasi spam di server PMG, RelayAV, dan Aktiva. Pagi ini, tidak terlalu banyak email spam, jadi saya bisa melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo.

Pagi ini, saya mempelajari bagian 2 unit 14 Duolingo, yang membahas tentang membentuk kata kerja infinitif. Latihan di modul ini cukup banyak, sehingga memakan waktu. Setelah menyelesaikan pembelajaran Duolingo, saya melanjutkan untuk membaca materi baru.

Materi baru ini berasal dari Dicoding, dan saya sudah sampai pada modul ke-3, yang berisi penjelasan tentang prinsip-prinsip dasar DevOps.

Saat sedang membaca modul ini, saya mendapatkan notifikasi email spam berulang kali. Setelah dicek, ternyata benar itu adalah email spam dari user yang berbeda-beda. Saya langsung melakukan pembersihan spam dan menghapus antrean email agar tidak membingungkan ketika ada email masuk lagi. Proses ini memakan waktu karena saya harus membersihkan email satu per satu.

Setelah selesai dengan spam clean, saya kembali menyelesaikan materi baru sebelum melanjutkan ke materi utama.

Materi utama saya saat ini adalah pembelajaran baru setelah menyelesaikan modul Shell Scripts for Beginners. Kali ini, saya melanjutkan ke modul tentang Golang.

Di tengah saya menonton modul Golang, saya mendapat chat dari Mas Tyo.

Mas Tyo: "Bang, server VM mati? Bisa diakses nggak?"

Saya: "Wait, saya cek dulu, Mas. Oh iya, nggak bisa diakses, Mas."

Mas Tyo: "Boleh minta tolong dinyalain?"

Saya: "Siap, Mas, sebentar."

Mas Tyo: "Nanti kalau sudah nyala, boleh minta tolong buat 3 server VM, OS: Rocky 8, IP statik: 192.168.80.40, 192.168.80.41, 192.168.80.42, disk 70GB, RAM 4GB."

Saya: "Noted, Mas."

Setelah diminta bantuan oleh Mas Tyo, saya langsung mengakses server VM yang tadi saya nyalakan dan mulai membuat 3 server yang diminta. Namun, ketika menginstal ketiga server tersebut, prosesnya tidak semulus yang saya perkirakan. Ada beberapa kesalahan, mulai dari salah pengaturan OS, lupa mengatur IP statik, hingga salah memilih antarmuka—seharusnya server, malah menjadi server with GUI.

Mungkin cukup sekian untuk blog hari ini. Oh ya, saya mendapat pesan dari pembimbing saya, beliau berkata, "Jangan galau-galau terus, masih muda, masih banyak yang lain." Iya, Mas, siap laksanakan!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, dan terima kasih juga untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini. Sampai jumpa di blog berikutnya.

BABAI.

Komentar

Postingan Populer