Day 52 Prakerin Di Excellent ~ Mencoba Golang Sederhana

Hari Ke-52 PKL: Mencoba Program Golang Sederhana

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Kali ini, saya akan menceritakan kegiatan saya selama PKL hari ini.

Langsung saja menuju ceritanya.

Pagi ini saya tiba di kantor sekitar pukul 07.22, dan saya datang sendiri karena Shefa harus mengikuti latihan terlebih dahulu. Karena saya sendiri, briefing hari ini hanya membahas tugas-tugas saya dari hari sebelumnya. Tidak ada koreksi dari pembimbing saya, Mas Ridwan, tapi ada balasan email dari Pak Bos terkait pembelajaran saya kemarin. Berikut pesan dari Pak Bos:

Pak Bos: "Thanks Irfan. Untuk training, saran saya lebih baik fokus di satu platform, misalnya di KodeKloud. Atau apakah ini arahan dari Mas Ridwan? Soalnya punya pacar dua saja repot ngaturnya :-P, apalagi kalau belajar dua materi sekaligus, nanti malah nggak maksimal."

Pak Bos memang sering melucu, tapi di balik candanya selalu ada pesan penting. Setelah membaca email tersebut, saya segera membalas sebelum memulai pekerjaan hari ini.

Saya: "Sama-sama, Pak Bos. Untuk training ini memang saran dari Mas Ridwan. Materinya tetap tentang DevOps, dan saya belajar di dua platform agar lebih memperdalam pemahaman. Modul di Dicoding juga membantu karena disajikan dalam bahasa Indonesia, jadi sekalian menambah literasi."

Setelah membalas email, saya mulai mengerjakan tugas bahasa Inggris di modul Duolingo sembari memantau email spam. Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan modul Duolingo, jadi saya lanjut menyusun BAB 1 jurnal saya.

Setelah selesai, saya serahkan jurnal tersebut ke Mas Ridwan untuk dicek apakah ada yang kurang atau salah. Setelahnya, saya melanjutkan belajar modul Dicoding.

Seperti yang sudah saya jelaskan, di modul Dicoding ini, saya masih belajar tentang DevOps. Alasan saya mempelajari modul ini adalah karena materinya menggunakan bahasa Indonesia, sehingga membantu memperluas pemahaman dan literasi saya.

Setelah menyelesaikan modul Dicoding, saya beralih ke pembelajaran utama, yaitu Golang. Saat belajar Golang, saya iseng mencoba membuat program sederhana. Untuk latihan, saya mendeklarasikan variabel sederhana yang berisi nama lengkap saya, "Irfan Nasta'in Huda Hariyanto", dan mencetak nama tersebut di layar.

Berikut programnya:

Program

Output dari program diatas: 
Output yang dihasilkan

Meskipun program ini sangat sederhana, pengalaman pertama mencoba Golang sangat menyenangkan. Bahasa ini cukup mudah dipelajari, dan saya sangat menyukai betapa bersih dan ringkasnya sintaks Golang. Selanjutnya, saya akan menjelajahi lebih banyak fitur Golang.

Sekian blog kali ini. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga untuk kalian semua yang sudah membaca sampai akhir.

See you in the next blog!

BABAI

Komentar

Postingan Populer