Day 53 Prakerin Di Excellent ~ Makin Penasaran

Hari Ke-53 PKL: Makin Penasaran

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Di blog kali ini, saya akan menceritakan kegiatan saya selama PKL hari ini.

Langsung saja menuju ceritanya.

Pagi ini saya tiba di kantor sekitar pukul 07.20. Entah kenapa hari ini saya bisa datang lebih awal, padahal selama di perjalanan saya tidak terburu-buru, hanya berjalan santai sambil menikmati suasana pagi.

Seperti biasa, pagi hari dimulai dengan briefing. Namun, hari ini saya briefing sendirian karena Shefa izin tidak masuk karena ada pertandingan. Dalam briefing ini, Mas Ridwan tidak memberikan koreksi terkait pekerjaan kemarin. Beliau hanya meminta saya melanjutkan pembelajaran seperti biasa.

Setelah briefing, saya menuju meja kerja. Hari ini ruang kerja kami penuh karena ruangan baru sedang digunakan untuk training. Sesampainya di meja, saya langsung memeriksa email-email spam yang masuk semalam. Beruntungnya, tidak banyak email spam yang masuk, dan sebagian besar sudah dihapus oleh bot. Jadi, saya hanya perlu menghapus sisa antrian email agar tidak menumpuk.

Setelah itu, saya melanjutkan belajar bahasa Inggris di modul Duolingo. Topik kali ini tentang penggunaan kata ganti penghubung. Karena modul ini cukup ringan, saya bisa sambil memantau email.

Selesai dengan Duolingo, saya beralih ke modul pembelajaran di Dicoding. Topik hari ini adalah tentang IP Address. Di tengah-tengah pembelajaran, Mas Ridwan meminta saya untuk membuat sertifikat SSL. Saya langsung mengerjakan tugas ini, khawatir sertifikat tersebut akan segera digunakan. Pagi ini, saya membuat tiga sertifikat sekaligus: untuk single domain, multi-domain, dan wildcard.

Setelah menyelesaikan tugas dari Mas Ridwan, saya kembali ke modul Dicoding. Modul kali ini lumayan panjang dan penuh literasi, namun cara penyampaiannya menarik sehingga saya tetap fokus dan tidak bosan. Sebelum waktu istirahat, saya berhasil menyelesaikan modul tersebut.

Setelah istirahat, saya kembali ke pembelajaran utama, yaitu di modul KodeKloud tentang Golang. Di tengah pembelajaran Golang, Mas Ridwan kembali memanggil saya untuk membuat informasi aktivasi domain hosting. Setelah selesai, saya kembali melanjutkan modul KodeKloud.

Selain materi dari KodeKloud, saya juga mendapatkan materi tambahan dari video di YouTube. Sama seperti Dicoding, channel "Programmer Zaman Now" yang saya tonton menggunakan bahasa Indonesia, sehingga membantu menambah pemahaman saya tentang Golang.

Setelah kemarin mencoba membuat program Golang sederhana, hari ini saya kembali penasaran dan mencoba membuat program baru yang menggabungkan variabel dengan string.

Berikut programnya:

package main

import "fmt"

func main() {
	// Deklarasi variabel
	var firstName string = "Irfan"
	var lastName string = "Nasta'in Huda Hariyanto"
	var age int = 17

	// Menggabungkan string
	var fullName string = firstName + " " + lastName

	// Output dengan string yang digabung
	fmt.Println("Hello, my name is", fullName)
	fmt.Println("I am", age, "years old.")
}

Program kali ini cukup sederhana, tapi memberikan pemahaman lebih dalam tentang cara Golang menangani tipe data dan operasi string. Satu hal yang saya pelajari adalah Golang mengharuskan penggunaan tipe data secara eksplisit, yang membuat saya harus lebih teliti dalam menulis kode.

Hasil dari program diatas:

Hello, my name is Irfan Nasta'in Huda Hariyanto
I am 17 years old.

Setelah bereksperimen dengan program ini, saya semakin penasaran untuk mengeksplorasi cara Golang menangani operasi yang lebih kompleks. Rencananya, saya akan mencoba membuat program yang lebih menantang di hari-hari mendatang.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga untuk kalian yang sudah membaca sampai akhir.

See you in the next blog!

BABAI

Komentar

Postingan Populer