Day 55 Prakerin di Excellent ~ Mencoba Kembali

Hari ke-55 PKL: Mencoba Kembali

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Kali ini, saya akan menceritakan kegiatan saya selama PKL hari ini.

Langsung saja kita mulai blognya.

Pagi ini, saya sampai di kantor sekitar pukul 07.25, dan saat itu kantor masih sepi. Hanya saya dan Shefa yang sudah tiba. Sembari menunggu pembimbing saya datang, saya memanfaatkan waktu untuk melihat revisi jurnal yang diberikan oleh pembimbing dari sekolah.

Seperti biasa, sebelum memulai pekerjaan, hari ini diawali dengan briefing bersama pembimbing tercinta, hahaha. Tidak ada koreksi khusus terkait kinerja kami minggu lalu, jadi kami hanya diminta untuk melanjutkan pembelajaran seperti biasa.

Setelah briefing, saya langsung menuju meja kerja dan memulai hari dengan mengisi laporan mingguan dari sekolah agar bisa ditandatangani oleh pembimbing, Mas Ridwan.

Setelah menyelesaikan laporan mingguan, karena masih pagi, saya mencoba mengerjakan revisi jurnal yang diberikan oleh pihak sekolah pada bimbingan rutin hari Sabtu kemarin. Maklum, ini kali pertama saya menyusun jurnal sendiri, jadi masih banyak yang perlu diperbaiki. Tapi tidak apa-apa, ini langkah awal dan jadi pembelajaran untuk ke depannya.

Setelah revisi selesai, saya melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris sembari memonitor email hari ini. Karena email yang terindikasi spam tidak terlalu banyak, setelah selesai dengan pembelajaran bahasa Inggris, saya menyempatkan diri membaca materi tambahan dari modul Dicoding.

Di tengah-tengah belajar Dicoding, Mas Ridwan mengingatkan bahwa nanti sore sekitar jam 4 ada tamu yang akan menemui saya. Saya diminta bergeser tempat duduk bersama Shefa. Siap, Mas! 🫡

Setelah materi tambahan selesai, saya melanjutkan ke pembelajaran utama dari modul KodeKloud, khususnya tentang Golang. Saat belajar Golang ini, saya iseng mencoba membuat program sederhana. Setelah sebelumnya saya mencoba menggabungkan variabel dengan string, kali ini saya akan membuat program yang menggabungkan operasi matematika dan operasi perbandingan.

Berikut adalah Programnya:

package main

import "fmt"

func main() {
    // Mendeklarasikan variabel
    a := 10
    b := 5

    // Operasi matematika
    sum := a + b
    difference := a - b
    product := a * b

    // Mencetak hasil operasi matematika
    fmt.Println("Hasil penjumlahan:", sum)
    fmt.Println("Hasil pengurangan:", difference)
    fmt.Println("Hasil perkalian:", product)

    // Operasi perbandingan
    isGreater := sum > 15
    isEqual := product == 50

    // Mencetak hasil perbandingan
    fmt.Println("Apakah hasil penjumlahan lebih besar dari 15?", isGreater)
    fmt.Println("Apakah hasil perkalian sama dengan 50?", isEqual)
}

Penjelasan Program:

  • Deklarasi Variabel: Program ini mendeklarasikan dua variabel, a dan b, masing-masing dengan nilai 10 dan 5.
  • Operasi Matematika: Variabel sum, difference, dan product menyimpan hasil penjumlahan, pengurangan, dan perkalian dari a dan b.
  • Operasi Perbandingan: Variabel isGreater memeriksa apakah hasil penjumlahan lebih besar dari 15, dan isEqual memeriksa apakah hasil perkalian sama dengan 50.
Berikut output dari program diatas:
Hasil penjumlahan: 15
Hasil pengurangan: 5
Hasil perkalian: 50
Apakah hasil penjumlahan lebih besar dari 15? false
Apakah hasil perkalian sama dengan 50? true

Setelah menjalankan program ini, saya mendapatkan hasil yang cukup sederhana, namun sangat bermanfaat untuk dipelajari. Saya bisa melihat bagaimana Golang menangani operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, serta bagaimana menggunakan operator perbandingan seperti >, <, dan ==.

Dari percobaan ini, saya jadi semakin paham bahwa meskipun terlihat sederhana, Golang memiliki kekuatan dalam menangani operasi aritmatika dan perbandingan. Satu hal yang saya pelajari adalah bahwa Golang mengharuskan penggunaan tipe data secara eksplisit, yang membantu menjaga kejelasan dan ketelitian kode.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Pada blog berikutnya, saya mungkin akan lebih banyak membahas program Golang karena masih banyak yang bisa dieksplorasi. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

See you in the next blog!

BABAI

Komentar

  1. Di tengah-tengah belajar Dicoding, Mas Ridwan mengingatkan bahwa nanti sore sekitar jam 4 ada tamu yang akan menemui saya. --> Menemui kamu atau menemui mas Ridwan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer