Day 26 Prakerin Di Excellent ~ Apa Itu DevOps? part 4

HARI KE DUA PULUH ENAM PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini adalah hari ke dua puluh enam prakerin di Excellent, dan untuk hari ini, isi blognya lebih banyak tentang pembelajaran yang saya lakukan. Langsung saja kita mulai.

Hari ini saya tiba di kantor pukul 07.21, dan seperti biasa, pagi diawali dengan briefing bersama pembimbing kami. Pada briefing pagi ini, tidak ada koreksi yang diberikan, dan kami hanya diminta untuk melanjutkan modul pembelajaran KodeKloud yang sudah diberikan oleh Mas Ridwan kemarin. Setelah briefing selesai, saya langsung menuju meja kerja kami.

Pagi ini saya memulai kegiatan dengan mengerjakan pembelajaran bahasa Inggris melalui modul Duolingo, dan saat ini saya sudah sampai di bagian 1 unit 11. Beberapa menit berlalu setelah menyelesaikan modul Duolingo, saya lanjut untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pembimbing, yaitu pembelajaran DevOps Engineer Learning Path.

Pada pembelajaran DevOps Engineer Learning Path ini, terdapat banyak tutorial dengan berbagai judul. Pembelajaran pertama dimulai dengan judul 12-Factor App. 12-Factor App adalah metodologi untuk membangun aplikasi Software-as-a-Service (SaaS) yang dapat diskalakan, mudah dipelihara, dan portabel. Modul ini hanya berisi pengenalan dan penjelasan mengenai 12 faktor tersebut.

Beberapa jam berlalu, saya telah menyelesaikan judul pertama dan melanjutkan ke judul kedua, yaitu Learn the Basics of DevOps, Networking, and Application. Pada judul kedua ini, terdapat dua sub-judul, yaitu DevOps Pre-Requisite Course dan Fundamentals of DevOps. Saya memulai dengan DevOps Pre-Requisite Course.

Pada sub-judul DevOps Pre-Requisite Course, terdapat 12 modul dengan poin-poin yang bervariasi di tiap modul. Modul pertama hanya berisi perkenalan tentang apa yang akan dipelajari dalam DevOps Pre-Requisite Course. Modul kedua mencakup pembelajaran tentang Linux Basics. Linux Basics mencakup konsep-konsep dasar Linux yang penting untuk dipahami sebelum melangkah ke tahap yang lebih lanjut dalam pembelajaran DevOps.

Pada modul kedua ini, terdapat 15 poin yang mencakup berbagai topik seperti bekerja melalui CLI, pengenalan laboratorium, VI editor, package management, service, dan command Linux lainnya. Pada modul ini juga terdapat lab di setiap poinnya, dan saya sudah menyelesaikan semuanya.

Setelah menyelesaikan modul kedua, saya lanjut ke modul ketiga, yaitu Networking Basics. Modul ini mencakup konsep-konsep dasar jaringan yang penting untuk dipahami oleh seorang DevOps Engineer. Di modul ini terdapat 6 poin yang terdiri dari routing dan DNS, serta terdapat dua lab yang juga sudah saya selesaikan.

Mungkin cukup sekian untuk blog hari ini. Maaf jika blog kali ini cukup singkat, karena saya sedang kurang enak badan sehingga pengerjaannya kurang maksimal. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Babai.....

SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer