Day 29 Prakerin Di Excellent ~ Apa Itu DevOps ? Part 7

HARI KE DUA PULUH SEMBILAN PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini, saya akan melanjutkan pembelajaran saya tentang "Apa Itu DevOps". Langsung saja, mari kita mulai blognya.

Pagi ini saya sampai di kantor jam 07.23 dan ternyata sudah ada Shefa dan Mas Ridwan yang datang lebih dulu. Seperti biasa, setiap pagi selalu diawali dengan briefing, dan untuk briefing pagi ini, tidak ada koreksi terkait pembelajaran kami. Namun, saya dan Shefa mendapat masukan dari Pak Bos, yaitu: "Untuk training, harus dipastikan paham ya. Ini bukan ngejar setoran harus tuntas tapi nanti malah nggak paham." Terima kasih atas arahan dan peringatannya, Pak Bos. Saya akan memastikan untuk lebih fokus dalam memahami materi training, bukan hanya sekadar menyelesaikan tugas. Saya akan berusaha mempelajari setiap modul dengan lebih teliti agar benar-benar menguasai konsepnya. Mohon bimbingannya selalu, Pak.

Setelah briefing selesai, kami juga diingatkan oleh Mas Ridwan bahwa besok kami akan keluar untuk mencari perlengkapan yang perlu dibeli untuk acara ulang tahun dan brainstorming. Setelah sampai di meja kerja, saya memulai kegiatan pagi ini dengan mengerjakan pembelajaran bahasa Inggris melalui modul Duolingo. Materi hari ini adalah tentang "Membentuk Preposisi."

Sempat ada kendala saat mengerjakan modul tersebut karena masa uji coba saya telah habis, dan jika tidak menggunakan Duolingo Super, ada batasan jumlah nyawa saat mengerjakan tugasnya. Karena saya khawatir nyawa yang tersedia tidak cukup, maka saya mencoba menggunakan versi gratis lagi, tetapi hanya berlaku selama 7 hari. Setelah itu, saya harus membayar biaya langganan sekitar Rp65.000 per bulan.

Setelah selesai dengan modul Duolingo, saya kembali melanjutkan modul pembelajaran utama, yaitu DevOps Engineer Learning Path. Hari ini saya memulai dengan modul ke-9, yaitu tentang General Pre-Requisites. Pada modul General Pre-Requisites ini, kami membahas tentang YAML dan JSON, dan terdapat 6 poin pembelajaran.

Pada poin 1 dan 2, membahas tentang YAML. Apa itu YAML? YAML adalah format data serialisasi yang mudah dibaca oleh manusia, digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data konfigurasi. Pada modul YAML ini juga terdapat lab yang bisa saya selesaikan. Setelah YAML, dilanjutkan dengan JSON. Apa itu JSON? JSON adalah format teks terstruktur untuk menyimpan dan mentransfer data, menggunakan pasangan kunci-nilai dan array, sering digunakan dalam aplikasi web dan API.

Setelah menyelesaikan modul ke-9, saya melanjutkan ke modul ke-10, yaitu tentang 2 Tier Applications. Pada modul ini, kami membahas bagaimana cara membuat website dengan membagi aplikasi menjadi dua lapisan: client tier (antarmuka pengguna) dan server tier (logika aplikasi dan manajemen data), dengan komunikasi langsung antara keduanya untuk memproses permintaan dan menampilkan hasil.

Setelah menyelesaikan modul ke-10, saya melanjutkan ke modul ke-11, yaitu tentang Lab Setup. Pada modul ini, kami hanya membahas bagaimana cara mengunduh, menginstal, dan menyetel sebuah VM untuk lab ke depannya. Mungkin saya akan mencoba untuk mengatur labnya esok hari, karena sekarang sudah waktunya pulang. Setelah menyelesaikan modul ke-11, saya melanjutkan ke modul terakhir, yaitu modul ke-12, yang berisi Conclusion atau bagian akhir dari sebuah modul. Dengan ini, selesai sudah modul pembelajaran DevOps Engineer Learning Path.

Mungkin cukup sekian untuk pembelajaran hari ini, dan besok saya akan mulai dengan modul baru lagi. Terima kasih kepada Pak Bos atas masukannya, dan saya mohon maaf. Terima kasih juga kepada diri saya sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. Babaii...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer