Day 42 Prakerin Di Excellent ~ Apa Itu DevOps part 11

HARI KE EMPAT PULUH DUA PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Kali ini, saya akan melanjutkan pembahasan tentang "Apa Itu DevOps." Langsung saja menuju blognya.

Pagi ini saya sampai di kantor sekitar pukul 07.28, sedikit terlambat karena membantu ibu saya yang mendapatkan pesanan catering. Sesampainya di kantor, seperti biasa, diawali dengan briefing terlebih dahulu.

Pada briefing kali ini, tidak ada koreksi, alhamdulillah. Namun, Mas Ridwan menyampaikan bahwa hari ini kami masing-masing akan mendapatkan tugas.

Setelah briefing, saya langsung menuju meja kerja dan memulai pekerjaan hari ini. Seperti biasa, diawali dengan memonitoring email, dan terdapat beberapa email spam yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Sambil membersihkan email, saya juga mengerjakan modul pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo.

Pagi ini, saya mengerjakan bagian 2 unit 9 yang membahas tentang penggunaan kata sandang. Sambil mengerjakan modul Duolingo dan memonitoring email, saya juga menerima tugas dari Mas Ridwan, yaitu membuat dua sertifikat SSL.

Sebelum mengerjakan tugas dari Mas Ridwan, saya menyelesaikan modul Duolingo terlebih dahulu. Setelah selesai, saya langsung mengerjakan tugas pembuatan sertifikat SSL. Pembuatan sertifikat SSL tidak terlalu sulit, tetapi harus dikerjakan dengan teliti karena kesalahan penulisan bisa fatal. Setelah tugas selesai, saya melanjutkan pembelajaran utama, yaitu Learning Linux Basics Course & Labs.

Hari ini, saya memulai modul 9 poin 6 yang membahas tentang DAS, NAS, dan SAN. Masing-masing memiliki arti yang berbeda:

  • DAS (Direct Attached Storage) adalah penyimpanan yang terhubung langsung ke satu komputer,
  • NAS (Network Attached Storage) adalah penyimpanan yang diakses melalui jaringan untuk berbagi file,
  • SAN (Storage Area Network) adalah jaringan khusus berkecepatan tinggi yang menghubungkan server dengan penyimpanan berbasis blok untuk kinerja tinggi dan skalabilitas.

Setelah menyelesaikan poin 6, saya melanjutkan ke poin 7, yaitu NFS Filesystem. NFS memungkinkan komputer berbagi dan mengakses file melalui jaringan secara terpusat, sehingga file yang diakses terlihat seperti berada di penyimpanan lokal.

Selanjutnya, saya mempelajari poin 8 tentang LVM (Logical Volume Manager). LVM memungkinkan pengelolaan penyimpanan yang lebih fleksibel dengan memungkinkan pembuatan, pengubahan, dan penghapusan volume logis secara dinamis tanpa memengaruhi data.

Kemudian, saya melanjutkan ke modul terakhir dalam Learning Linux Basics Course & Labs, yaitu modul 10 tentang The Client Demonstration. Pada modul ini, tugasnya adalah menyelesaikan masalah troubleshooting yang dihadapi oleh klien.

Karena masih ada waktu sebelum pulang, saya melanjutkan ke modul pembelajaran berikutnya yang berjudul Shell Scripts for Beginners. Modul ini terdiri dari enam bagian dengan poin-poin yang bervariasi.

Pada modul pertama, seperti modul-modul lainnya, berisi perkenalan dan penjelasan tentang apa yang akan dipelajari. Jadi, saya langsung melanjutkan ke modul 2 yang membahas pengenalan shell script. Pada modul kedua ini, saya sampai pada poin ke-4, yaitu membuat shell script pertama saya.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Oh ya, mohon maaf kepada Pak Bos karena ada kesalahan penulisan judul pada laporan harian, dan terima kasih sudah diingatkan. Terima kasih kepada diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih kepada kalian yang sudah membaca sampai akhir. Babaii...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer