Day 43 Prakerin Di Excellent ~ Apa itu DevOps part 12

HARI KE EMPAT PULUH TIGA PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Kali ini, saya akan melanjutkan pembahasan tentang "Apa Itu DevOps." Langsung saja menuju blognya.

Pagi ini, saya sampai di kantor sekitar pukul 07.21, lebih cepat karena jalanan tidak begitu macet. Seperti biasa, pagi ini diawali dengan briefing oleh pembimbing kami, Mas Ridwan. Pada briefing kali ini, tidak ada koreksi, semuanya aman, dan kami hanya diminta melanjutkan pembelajaran.

Setelah briefing, saya langsung menuju meja kerja dan mulai memonitoring email. Di sela-sela memonitoring, Mas Ridwan memanggil kami karena beliau lupa menyampaikan ada tugas tambahan. Hari ini, saya mendapatkan tugas untuk membuat informasi aktivasi domain hosting, sedangkan Shefa membuat sertifikat SSL.

Pagi ini, saya langsung mengerjakan informasi aktivasi domain hosting karena Mas Ridwan meminta untuk menyelesaikannya hari ini atas permintaan klien. Ini adalah pertama kalinya saya mengerjakan informasi aktivasi domain hosting, dan ternyata tidak terlalu berbeda dengan pembuatan sertifikat SSL, hanya ada beberapa bagian yang berbeda.

Setelah menyelesaikan pembuatan informasi aktivasi domain hosting, saya kembali memonitoring email dan melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo. Hari ini, saya mengerjakan Duolingo bagian 2 unit 10 yang membahas tentang berhitung.

Soal Duolingo cukup banyak dan memakan waktu, apalagi saya juga memonitoring email. Setelah selesai dengan Duolingo, saya melanjutkan pembelajaran utama, yaitu Shell Scripts for Beginners.

Hari ini, saya melanjutkan dari modul 2 yang kemarin belum selesai. Di modul ini, terdapat 11 poin yang dibahas.

Pembelajaran dimulai dengan topik variables. Dalam shell scripting, variables digunakan untuk menyimpan data yang dapat digunakan kembali selama eksekusi skrip. Variabel ini memudahkan pengelolaan nilai atau informasi yang dapat berubah, seperti nama file, direktori, atau output perintah.

Setelah selesai dengan variables, dilanjutkan dengan command line arguments. Command line arguments adalah data yang dilewatkan ke skrip saat dijalankan melalui terminal. Ini memungkinkan skrip menerima nilai dari pengguna tanpa perlu interaksi langsung selama eksekusi skrip.

Cara lain untuk menerima input dari pengguna adalah melalui perintah read. Read memungkinkan skrip menerima input langsung dari pengguna saat skrip berjalan. Input ini berguna untuk memproses data yang tidak diketahui sebelumnya atau menerima data secara dinamis.

Setelah selesai dengan input, dilanjutkan ke poin terakhir, yaitu arithmetic operations. Operasi aritmatika dalam shell scripting dilakukan dengan beberapa metode, karena shell secara default tidak mendukung perhitungan matematika seperti bahasa pemrograman lain.

Dengan ini, selesai sudah modul Shell Script Introduction dalam pembelajaran Shell Scripts for Beginners.

Mungkin cukup sekian untuk hari ini. Terima kasih kepada diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga kepada kalian yang sudah membaca sampai akhir. Babaii...


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer