Day 45 Prakerin Di Excellent ~ Melanjutkan SWOT

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Hari ini saya akan menceritakan kegiatan PKL saya. Langsung saja menuju blognya.

Pagi ini saya tiba di kantor sekitar pukul 07.30, sedikit terlambat karena jalanan macet. Mungkin karena hari Senin juga. Seperti biasa, hari ini diawali dengan briefing sebelum memulai pekerjaan.

Briefing pagi ini tidak ada koreksi terkait pekerjaan minggu lalu, tetapi ada saran terkait judul jurnal yang kami ajukan ke pihak sekolah. Mas Ridwan menyarankan agar judulnya dikembangkan lagi, karena menurutnya judul yang kami pilih terlalu sederhana.

Setelah briefing, saya teringat ada tugas tentang SWOT yang diberikan kepada masing-masing kelompok, dan hari ini adalah deadline-nya. Sesampainya di meja, saya langsung membuka grup dan menonton video dari Mas Fajar, ketua kelompok kami, mengenai cara mengisi tugas tersebut. Ternyata saya mendapat tugas bersama Mas Tyo untuk mengerjakan Integrasi WhatsApp dengan AI Chatbot.

Gambar by: https://likmi.ac.id/2022/11/03/analisis-swot-untuk-bisnis/ 

Setelah mengetahui tugasnya, saya langsung menghubungi Mas Tyo untuk menanyakan perkembangan pengisian tugasnya:

Saya: "Pagi Mas Tyo, untuk yang SWOT bagaimana? Sudah diisi? Maaf kemarin saya lupa."

Mas Tyo: "Belum sih, coba kamu tanya ChatGPT, nanti kirim ke sini tahapan-tahapannya."

Saya: (Mengirim hasil dari ChatGPT) "Ini dari ChatGPT, Mas."

Mas Tyo: "Oke, bentar, tak lihat dulu."

(Beberapa menit kemudian)

Saya: "Gimana, Mas?"

Mas Tyo: (Mengirim kesimpulan dari hasil ChatGPT) "Seperti ini menurutmu gimana?"

Saya: "Boleh juga, Mas. Untuk waktunya, kan diberi waktu 1-2 bulan. Mau dimaksimalkan 2 bulan atau gimana enaknya?"

Mas Tyo: "Poin 1 itu bisa selesai dalam 2-3 hari. Poin 2 agak lama karena ada training dan debugging. Menurutmu, bisa diselesaikan dalam beberapa minggu? Mungkin bisa 1 bulan, atau maksimal 1,5 bulan."

Saya: "Oke, Mas, saya coba kalkulasikan lagi."

Berikut rangkuman waktu proyek:

  • Setup WhatsApp Business API: 2-3 Hari
  • Integrasi dan Pengembangan AI Chatbot: 3 Minggu
  • Uji Coba dan Deployment: 2 Minggu

Mas Tyo: "Langsung isi di sheet ya, Fan."

Saya: "Siap, Mas."

Setelah menyelesaikan tugas SWOT, saya melanjutkan untuk memonitoring email terlebih dahulu. Kebetulan, hari ini tidak terlalu banyak email masuk, jadi saya bisa sambil mengerjakan pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo. Hari ini, saya mempelajari materi tentang pendidikan.

Setelah selesai dengan Duolingo, saya membuka materi baru yang diberikan oleh Mas Ridwan, yaitu di Dicoding tentang DevOps. Materi ini menggunakan bahasa Indonesia, jadi lebih mudah dimengerti.

Sementara saya belajar, Mas Ridwan memberikan tugas pembuatan sertifikat SSL. Kali ini, saya harus membuat tiga sertifikat. Setelah mendapat tugas, saya langsung mengerjakannya, dan tidak memakan banyak waktu, jadi saya bisa kembali melanjutkan pembelajaran di Dicoding.

Setelah selesai dengan Dicoding, saya melanjutkan ke pembelajaran di KodeKloud. Kali ini, saya melanjutkan ke modul tentang Shebang. Modul ini terdiri dari delapan poin, masing-masing disertai satu lab.

Pada poin pertama, dibahas tentang Shebang. Apa itu Shebang? Shebang adalah komponen penting dalam shell scripting yang memastikan skrip dieksekusi dengan interpreter yang benar, memberikan kejelasan dan kontrol terhadap cara skrip dijalankan dalam lingkungan DevOps.

Di poin ketiga, dibahas Exit Codes. Apa itu Exit Codes? Exit Codes adalah cara untuk mengetahui status eksekusi suatu perintah atau skrip. Mereka digunakan dalam shell scripting untuk mengendalikan alur logika, menangani kesalahan, dan memantau eksekusi perintah dalam otomasi DevOps.

Pada poin berikutnya, saya mempelajari tentang Functions. Functions dalam shell scripting sangat penting untuk menulis skrip yang bersih, modular, dan efisien. Mereka memungkinkan pengelolaan kode yang lebih baik, meningkatkan keterbacaan, dan mengurangi pengulangan, yang sangat berguna dalam tugas-tugas otomatisasi dan scripting dalam DevOps.

Di poin terakhir, modul memberikan tips dan trik. Dengan itu, selesai sudah modul Shebang.

Cukup sekian untuk blog hari ini. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga untuk kalian yang sudah membaca sampai akhir. Oh ya, jika ada saran atau masukan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih. Babai...

SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer