Day 51 Prakerin Di Excellent ~ Belajar Dasar-Dasar Jaringan Komputer

Hari Ke-51 PKL: Dasar-Dasar Jaringan Komputer

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Kali ini, saya akan membahas tentang dasar-dasar jaringan komputer. jadi, langsung saja menuju blognya.

Jaringan komputer, atau sering disebut "jaringan" saja, adalah kumpulan komputer atau perangkat keras lain yang saling terhubung, baik melalui kabel maupun nirkabel, sehingga memungkinkan mereka untuk bertukar informasi.

gambar by: IDwebhost

Ada berbagai tipe jaringan komputer yang digunakan di dunia, tapi kali ini kita akan membahas beberapa tipe yang paling umum dan sering dijadikan acuan dalam pembelajaran jaringan. Di antaranya adalah Personal Area Network (PAN), Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).

Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network atau PAN adalah tipe jaringan dengan cakupan terkecil dan bersifat sangat pribadi bagi penggunanya. PAN biasanya menghubungkan perangkat elektronik yang berada dalam jangkauan dekat pengguna. Jarak koneksi PAN bisa sangat pendek, mulai dari beberapa sentimeter hingga beberapa meter, biasanya maksimal 10 meter.

Local Area Network (LAN)

Local Area Network, atau LAN, adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang kecil, seperti dalam satu kantor, gedung, atau rumah. Pada jaringan ini, komputer-komputer berada dalam jarak yang relatif dekat satu sama lain.

Jumlah komputer yang terhubung dalam LAN dapat bervariasi, dari beberapa unit hingga ratusan, selama masih berada dalam satu wilayah yang bisa dijangkau oleh perangkat jaringan yang tersedia.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area lebih luas daripada LAN, misalnya dalam satu kota besar atau beberapa kota kecil yang berdekatan.

Walaupun namanya menyebut "metropolitan," jaringan MAN tidak selalu berada di area perkotaan. MAN sering kali digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan LAN di dalam kota yang sama, terutama jika jarak antar-LAN tersebut cukup jauh dan tidak bisa dihubungkan dengan kabel sederhana atau jaringan nirkabel.

Wide Area Network (WAN)

Sesuai namanya, Wide Area Network (WAN) mencakup wilayah geografis yang sangat luas. WAN bisa menjangkau antarprovinsi, antarnegara, bahkan antarbenua. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN yang terpisah jauh secara geografis.

Contoh penggunaan WAN adalah perusahaan besar yang menghubungkan semua jaringan kantor mereka. Setiap kantor biasanya memiliki jaringan LAN sendiri yang kemudian dihubungkan melalui WAN. Misalnya, kantor cabang perusahaan di Jakarta dapat terhubung dengan kantor pusat di Sydney menggunakan jaringan WAN.

Mungkin cukup sekian untuk penulisan blog kali ini. Terimakasih sudah membaca sampai akhir. See you in the next blog.

BABAI

Komentar

Postingan Populer