Day 56 PKL Di Excellent ~ Menjelajahi Array di Golang

Hari ke-56 PKL: Menjelajahi Array di Golang

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Pada blog kali ini, saya akan melanjutkan cerita dan pengalaman belajar saya di PKL, khususnya mengenai eksplorasi di Golang.

Langsung saja menuju blognya!

Pagi ini saya sampai di kantor sekitar pukul 07.30, lebih siang dari biasanya. Alasannya cukup sederhana: setelah sarapan pagi, tiba-tiba perut saya mules dan terpaksa harus menunda keberangkatan. Walaupun Shefa sudah menghubungi saya untuk berangkat bareng, akhirnya saya sampai agak telat.

Seperti biasa, setiap pagi dimulai dengan briefing bersama pembimbing saya, Mas Ridwan. Briefing kali ini lebih santai, tanpa koreksi terkait laporan pembelajaran atau penulisan, sehingga kami hanya melanjutkan pekerjaan masing-masing.

Setelah briefing, saya melanjutkan rutinitas harian, yaitu memulai pembelajaran bahasa Inggris sambil memonitor email yang terindikasi spam. Tidak banyak spam pagi ini, jadi saya bisa fokus belajar.

Di tengah-tengah pembelajaran, saya mendapat pesan di grup SWOT dari Mas Fajar yang mengingatkan tentang diskusi terkait tugas Integrasi WhatsApp dengan AI Chatbot. Berikut isi pesannya:

Mas Fajar:
"Halo @afatyoo dan @wannaplaywithPan, jam 9.15 apakah bisa discuss terkait tindak lanjut Project Integrasi WA dengan AI Chatbot? Sekitar 10-15 menit, di Lt2 ruang lama."

Mas Tyo:
"Woke Mas, siap."

Saya:
"Woke Mas, siap."

Diskusi ini membahas ujicoba yang sudah dilakukan terkait setup WhatsApp API, dan Mas Fajar memberi arahan tambahan untuk tugas berikutnya. Mas Tyo diminta untuk melatih AI chatbot dengan skenario percakapan, sedangkan saya ditugaskan untuk melakukan training AI dengan materi Company Profile.

Setelah diskusi, saya langsung mencicil tugas tersebut karena deadline-nya besok. Setelah menyelesaikan bagian yang bisa dikerjakan, saya kembali ke pembelajaran utama saya, yaitu Golang di modul KodeKloud.

Hari ini, saya memutuskan untuk mencoba hal baru yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Jika di blog sebelumnya saya bermain dengan operasi matematika dan perbandingan, kali ini saya ingin memahami bagaimana Golang menangani array, terutama array string.

Berikut Programnya:

package main

import "fmt"

func main() {
	// Deklarasi array string untuk menyimpan hobi
	hobbies := [5]string{"Sepak Bola", "Bermain Gitar", "Olahraga", "Main Game", "Dengar Musik"}

	// Menampilkan hobi
	fmt.Println("Daftar Hobi Saya:")
	for i := 0; i < len(hobbies); i++ {
		fmt.Printf("%d. %s\n", i+1, hobbies[i])
	}
}

Penjelasan Program:

  • Deklarasi Array: Saya membuat array bernama hobbies dengan beberapa elemen bertipe string yang menyimpan daftar hobi favorit saya.
  • Menampilkan Data: Saya menggunakan loop for sederhana untuk mencetak setiap hobi lengkap dengan nomor urutnya.
Hasil dari program diatas:
Daftar Hobi Saya:
1. Sepak Bola
2. Bermain Gitar
3. Olahraga
4. Main Game
5. Dengar Musik

Walaupun program ini sederhana, saya merasa mendapat pemahaman lebih tentang bagaimana Golang menangani array, khususnya tipe string. Program ini memungkinkan saya menyimpan beberapa data dalam satu variabel array dan menampilkannya dengan mudah.

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Terima kasih sudah membaca hingga akhir. Sampai jumpa di blog selanjutnya!

BABAI

Komentar

Postingan Populer