Day 59 Prakerin Di Excellent ~ Review OpenKM

Hari ke-59 PKL: Review OpenKM

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Pada blog kali ini, saya akan membagikan sedikit review saya setelah mencoba OpenKM.

Setelah kemarin berhasil menginstal OpenKM, saya diminta untuk mempelajari fitur-fitur yang ada di dalamnya. Fitur-fitur ini sudah dibagi ke dalam tier oleh Mas Ridwan. Berikut adalah tier utamanya:

Tier utama:

  1. Upload file
  2. Save file
  3. Sistem sharing
  4. Cara mencari folder dan file
  5. Sistem lock dan unlock
  6. Edit file
  7. Integrasi client desktop dan mobile

Untuk fitur edit dan integrasi client desktop serta mobile, saya belum bisa melakukan review karena belum dicoba. Untuk fitur edit ini, saya diharuskan menginstal third-party software seperti LibreOffice. Saya sudah mencoba menginstal LibreOffice, namun panduan yang tersedia hanya sampai tahap instalasi LibreOffice saja, sedangkan cara setup-nya di web tidak ada, jadi saya perlu melakukan riset lebih lanjut.

Sedangkan untuk integrasi client desktop dan mobile, saya belum mencobanya karena belum menemukan aplikasi OpenKM yang dapat diinstal di desktop dan mobile. Saya sudah mencari tetapi belum menemukannya di website resmi mereka. Selain dua fitur ini, saya akan menjelaskan sedikit review saya setelah mencoba fitur-fitur lainnya yang ada di daftar tersebut.

Tampilan OpenKM pada web 

Untuk upload file dan save file, prosesnya masih sama seperti DMS pada umumnya. Cukup menekan gambar file atau memilih opsi upload file, lalu pilih file yang ingin di-upload, dan file tersebut akan tersimpan di folder yang dituju.

Sistem sharing pada OpenKM ini mirip dengan drive bersama. Jadi, ketika ada salah satu user yang membuat folder atau menambahkan file baru, user lainnya bisa melihat dan mendownload file tersebut.

Cara mencari folder dan file pada OpenKM ini agak berbeda dibandingkan DMS lainnya. Untuk mencari folder atau file, kita harus mengingat kata pertama dari nama folder atau file yang diunggah. Penggunaan huruf besar atau kecil tidak berpengaruh, selama kata pertamanya benar, folder atau file yang dicari akan muncul.

Terakhir, sistem lock dan unlock pada OpenKM berfungsi untuk mengunci file agar tidak bisa di-edit atau dihapus oleh user lain, meskipun file tersebut masih bisa didownload oleh user lainnya. Untuk membuka kunci (unlock) file yang sudah di-lock, hanya user yang mengunci file tersebut yang bisa melakukannya.

Mungkin cukup sekian review dari saya. Jika ada kesalahan atau kekurangan, mohon maaf karena ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan OpenKM. Terima kasih sudah membaca sampai akhir!

Sampai jumpa di blog selanjutnya!

BABAI!

Komentar

Postingan Populer