Day 38 Prakerin Di Excellent ~ Tugas baru

 HARI KE TIGA PULUH DELAPAN PKL

Halo semuanya! Kembali lagi di blog saya. Oh ya, sebelum membaca blog hari ini, sudahkah kalian membaca blog spesial? Jangan sampai tidak, ya, nanti menyesal! Haha. Langsung saja menuju blog hari ini.

blog spesial klik ini Blog Edisi Spesial

Hari ini adalah hari ke-38 saya melaksanakan PKL. Setelah mengikuti acara ulang tahun dan brainstorming, hari ini PKL dilanjutkan seperti biasa. Pagi ini, saya tiba di kantor sekitar pukul 07.25 dan langsung menerima pesan untuk mengidentifikasi apakah sebuah email terindikasi spam atau tidak. Oh ya, saya belum sempat menceritakan tugas-tugas baru saya.

Kemarin, setelah acara ulang tahun dan brainstorming, saya mendapat beberapa tugas baru dari Mas Ridwan, yaitu pembuatan sertifikat SSL, monitoring PMG dan RelayAV, mengidentifikasi email spam, dan pembuatan informasi aktivasi domain & hosting.

Namun, tidak semua tugas dapat dikerjakan karena beberapa belum dijelaskan cara pengerjaannya. Yang sudah dijelaskan adalah pembuatan sertifikat SSL, monitoring PMG dan RelayAV, serta mengidentifikasi email spam.

Kemarin, Mas Ridwan menjelaskan kepada saya cara membuat sertifikat SSL, monitoring PMG dan RelayAV, serta cara mengidentifikasi email spam. Setelah dijelaskan, saya langsung diminta untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut, meskipun saya masih banyak bertanya karena khawatir ada yang salah atau kurang, terutama dalam mengidentifikasi email spam, karena cukup sulit membedakan mana yang spam dan mana yang bukan.

Pagi ini, ketika saya tiba di kantor, saya melihat ada notifikasi dari grup monitoring tentang email yang terindikasi spam. Saya langsung memeriksanya karena sedang tidak ada pekerjaan lain. Setelah selesai mengidentifikasi email, dilanjutkan dengan briefing pagi seperti biasa. Dalam briefing kali ini, tidak ada catatan khusus, hanya pengingat dari Mas Ridwan tentang tugas-tugas baru yang harus diprioritaskan.

Setelah briefing, kami kembali memonitor email untuk berjaga-jaga jika ada email spam masuk, sambil mengerjakan pembelajaran bahasa Inggris melalui modul Duolingo. Di tengah-tengah monitoring email dan Duolingo, saya diminta oleh Mas Ridwan untuk membuat sertifikat untuk klien, kali ini dengan tipe Wilcard, setelah sebelumnya membuat tipe Single.

Setelah selesai membuat sertifikat, saya melanjutkan modul Duolingo bagian 2 unit 5 yang membahas tentang menjelaskan lokasi. Modul Duolingo ini semakin lama semakin banyak soalnya, sehingga memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya. Sambil mengerjakan Duolingo, saya juga terus memonitor email.

Saat sedang mengerjakan modul Duolingo, saya mendapatkan pesan dari grup bahwa ada email yang terindikasi melakukan spam. Ketika saya memeriksa, ternyata benar, email tersebut mengirim pesan yang sama hingga lebih dari 1000 kali dengan tujuan yang berbeda. Saya sempat menanyakan untuk memastikan, dan ternyata memang benar itu adalah email spam.

Setelah itu, saya melakukan spam clean pada grup dan langsung menghapus email tersebut dari dashboard agar tidak menumpuk ketika ada email masuk lagi. Namun, email spam ini tidak hanya sekali mengirim; setelah saya hapus, tidak lama kemudian muncul lagi notifikasi indikasi email spam yang sama.

Email spam ini terus-menerus mengirim pesan yang sama, dan setelah saya hapus, muncul lagi. Begitu terus hingga siang hari, barulah email tersebut berhenti mengirim. Setelah menangani email spam, saya melanjutkan pembelajaran "Learning Linux Basics Course & Labs". Kali ini, saya melanjutkan ke modul 4, yaitu "Package Management".

Mungkin cukup sekian untuk blog kali ini. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah berjuang hari ini, dan terima kasih juga untuk kalian semua yang sudah membaca sampai akhir. Jangan lupa untuk membaca blog spesial, ya! Babai...

berikut tautan blog spesial: Blog spesial day 1 , Blog sepsial day 2 , Blog spesial end 


SEE YOU IN THE NEXT BLOG

Komentar

Postingan Populer